Ketika kamu mengunjungi web twitter, kamu akan langsung tahu bahwa sosial media ini tentang menjalin percakapan dengan sesama pengguna twitter. Tapi ini bukan jenis sosial media yang memberimu kebebasan untuk mengatakan apa yang kamu mau dengan kata-kata panjang di setiap post yang kamu buat. Twitter adalah tentang keringkasan.

140 Karakter atau Kurang..

Cukup itu saja! 140 karakter atau kurang dari iti. Itu semua yang kamu dapatkan ketika bermain twitter untuk menjalin komunikasi dengan followers-mu dan mengatakan pada mereka apa yang terjadi dengan bisnismu dan hidupmu saat itu juga. Tapi, jangan panik! Ada banyak nasihat yang akan kami berikan tentang cara menulis tweet terbaik.

Jadi, Kenapa Kamu Perlu Bergabung dengan Twitter?

Hmm.. kelihatannya kini seluruh dunia sudah menjadi milik dua grup, mereka yang berfikir untuk bergabung dengan twitter dan mereka yang sudah memiliki twitter. Kalau kamu berada di grup pertama, kamu tentu penasaran dan ingin tahu tentang kehebohan yang diciptakan si ‘burung biru berkicau’ ini. Jadi, ini dia beberapa alasannya :

  1. Cepat dan Mudah.

Kami tidak hanya akan berbicara tentang begitu mudahnya untuk bergabung di twitter. Tapi, situs ini juga memberikan informasi terbaru secara update bahkan, sebelum media menginformasikannya.

Jika kamu memiliki blog, kamu tentu tahu bahwa blog merupakan salah satu cara untuk menjalin hubungan dengan orang lain dan membangun jaringan sepanjang waktu. Tapi, jika kamu tidak menulis post dengan panjang, kamu cenderung merasa seperti kamu mengecewakan pembacamu. Kamu sampai ke satu titik di mana kamu merasa lebih baik tidak memposting sama sekali daripada hanya memposting tulisan singkat.

Twitter segera membuang kekhawatiran itu jauh-jauh. Meskipun kamu dibatasi dengan 140 karakter, tapi kamu menjadi super cepat menulis kalimat singkat yang memberitahu orang-orang perkembangan terbaru di bisnis atau website-mu. Hmmmm.. mungkin kamu hanya butuh pengendalian untuk menjaga diri dari posting yang terlalu sering namun kurang informatif karena di twitter memberikan informasi bagaikan semudah membalikkan telapak tangan dan bisa membuatmu kecanduan.

  1. Saling Terhubung

Twitter memudahkanmu dan bisnismu untuk berhubungan dengan orang-orang yang diinginkan. Setiap kamu mengirim tweet baru, maka itu akan langsung muncul di timeline publik. Sehingga orang akan langsung mengetahui perkembangan terbaru darimu.

Di twitter, kamu tidak hanya bisa memberitahu orang-orang tentang apa yang kamu lakukan, tapi orang-orang juga dapat mengajukan pertanyaan, meminta saran dan bahkan membuat jaringan satu dengan yang lainnya untuk membentuk hubungan bisnis di kemudian hari. Nah, apakah sekarang kamu sudah mulai melihat banyak sekali potensi yang dibungkus dalam 140 karakter?

  1. Menjaga Hubungan

Twitter tidak hanya tentang membiarkan orang-orang tahu tentang kamu atau bisnismu, tapi juga dapat menemukan orang yang berpikiran sama denganmu atau yang menginspirasimu. Kamu bisa mem-follow mereka saat itu juga dan mengikuti perkembangan terbaru dari mereka.

Tetap berhubungan dengan mereka tidak bisa lebih mudah lagi semudah kamu mem-follow para pengguna twitter yang membuatmu tertarik dan menerima update dari mereka sama seperti ketika mereka memposting update terbaru. Sekali kamu menemukan orang yang kamu suka, yang cukup kamu lakukan adalah menekan tombol follow dan menunggu update dari mereka sama seperti ketika mereka memposting-nya.

Tentu saja, makin banyak kamu mendapatkan orang yang memfollow kamu itu lebih baik. Kami akan membantumu untuk menulis update terbaik yang bisa kamu lakukan dan tepat menjangkau berbagai macam orang yang akan tertarik padamu dan bisnismu.

Jika kamu mencari yang cara tercepat dan termudah untuk mendapatkan namamu ditemukan di luar sana dan menyebarkan informasi terbaru darimu atau bisnismu, twitter tentu saja menjadi jawaban atas apa yang kamu butuhkan. Kamu bisa memlih username apapun yang kamu suka selama belum ada orang lain yang menggunakanya. Jadi, pikirkan tentang menggunakan nama bisnismu jika kamu ingin menggunakannya sebagai sarana promosi sebagai hal utama dan orang-orang akan menemukan tentangmu.

  1. Update Saat Itu Juga

Jika blog konvesional adalah sebuat alat untuk menarik pembaca dan konsumen potensial, sekarang postingan blog bisa didorong ke bagian bawah daftar hal yang harus kamu lakukan. Twitter tidak serumit blog. Kamu hanya harus perlu menulis 140 karakter dan bahkan kadang kamu tidak butuh banyak karakter untuk memberitahu orang-orang apa yang sedang terjadi saat ini.

Orang-orang tidak selalu memiliki waktu untuk tetap membaca blog meskipun itu blog yang sangat bagus. Jadi, kamu bisa memberi orang-orang pilihan apakah mereka ingin membaca atau mem-follow twitter milikmu dan mendapatkan update cepat dan terkini darimu.

  1. Alat Marketing Hebat

Poin pentingnya untuk dicatat di sini adalah kamu bisa menyesuaikan halaman personal twitter kamu untuk memasukkan informasi dan foto bisnis milikmu. Sangat mudah untuk meng-upload logo bisnismu dan menciptakan sebuah background twitter yang langsung mengidentifikasi kamu dan bisnismu. Bersiap-siaplah untuk menjadi paling menonjol diantara yang lain.

Ketika kamu bergabung dengan twitter kamu akan mendapatkan URL unik milikmu sendiri yang dapat digunakan untuk promosi kapanpun dan dimanapun sesukamu. URL ini terdiri dari halaman utama website twitter diikuti tanda garis miring kemudian username kamu. Contoh: https://twitter.com/aksimaya

Maka, ketika orang-orang mengunjungi alamat web ini mereka akan melihat profilemu dan timeline tweet yang sudah kamu posting. Kamu juga bisa menaruh bio singkat dan URL websitemu di halaman ini. Jadi, pastikan kamu mengisinya! Setiap orang yang mengunjungi halaman profile milikmu adalah pengunjung potensial untuk website mu juga, buat segala sesuatunya mudah untuk mereka.

Sekarang sudah jelas bahwa kamu bisa menggunakan URL ini dimanapun kamu suka. Kamu bisa memberitahukan orang-orang tentang keberadaanmu di twitter di blog kamu atau websitemu, atau di sosial media lainnya yang bisa menjangkau orang banyak. Misalnya, kamu bisa menggunakan link untuk dihubungkan langsung ke twitter di kata twitter dalam tulisan blog kamu, jadi ketika seseorang mengklik kata itu mereka akan langsung tertuju ke halaman profile kamu.

Twitter juga memberikan kesempatan untuk menciptakan badge-mu sendiri yang dapat digunakan di situs lain dan ini memiliki keuntungan dengan menjadi daya tarik visual. Kamu akan menemukan halaman untuk menyesuaikan badge-mu sendiri di http://twitter.com/badges

  1. Dapatkan Badge Unikmu Sendiri

Ini mudah dan layak dilakukan karena sangat membantu untuk menarik perhatian orang ke profile twitter-mu. Sebuah badge pada dasarnya adalah widget. Widget adalah sebuah kotak yang berisi kode-kode di mana kamu dapat memindahkan ke dalam sidebar di mana pun kamu mau.  Kamu bisa memadukan dengan blog, akun myspace, facebook akun atau TypePad blog. Kamu dapat menggunakannya untuk personalisasi blog dan memperoleh informasi yang kamu inginkan hanya dengan melihatnya dari widget sidebar.

Alternatif lainnya, kamu juga bisa memiliki flash style widget yang berisi tweet kamu dan temanmu atau hanya tweet kamu sendiri. Metode lainnya mengizinkan orang untuk meng-klik ID twitter ID dan mereka bisa mem-follow kamu (banyak memfollow dan di follow pada saat bersamaan).

Kamu juga bisa memilih HTML atau javascript pilihan jika kamu bisa melakukan copy-paste sederhana. Kamu bisa menaruh javascript di mana pun kamu ingin menaruh widget-mu. Lagi-lagi, setiap entri bisa diklik untuk mengizinkan orang menemukan dan memfollow-mu di twitter. Widget ini tidak hanya menyoroti kontribusimu di halaman twitter kamu, tapi juga membuat orang lain mudah untuk mem-follow mu. Tentu saja ini mengarahkan pada audience yang lebih besar lagi untuk segala sesuatu yang kamu lakukan dan tulis, baik di twitter maupun tempat lain.

Sekarang jika kamu melihat profile kamu sekali kamu bergabung di situs, kamu akan sadar bahwa kamu punya sedikit statistik kotak di sisi kanan. Ini akan menunjukkan padamu berapa banyak updates yang sudah kamu post, berapa banyak orang yang kamu follow, dan yang lebih penting, berapa banyak orang yang mem-follow kamu. Tentu saja ini bagus bagi bisnismu.

Bagaimana Mendapatkan Followers?

Pertama, mereka tidak ingin mem-follow kamu jika mereka tidak tahu kamu ada di sana, jadi dapatkan badges dan widget serta beberapa link yang mengumumkan fakta bahwa kamu sekarang ada di twitter agar mudah ditemukan orang-orang dan post di blog atau website-mu.

Taktik keren lainnya untuk mengumumkan twitter-mu adalah dengan mencantumkannya di bagian bawah email yang kamu kirimkan ke siapapun, bahkan manajer bank-mu. Hei, kamu tidak akan pernah tahu, dia mungkin seorang pengguna twitter juga! Semakin banyak orang tahu tentang twitter-mu, semakin besar kesempatan beberapa diantara mereka memutuskan untuk mem-follow kamu.

Kamu ingin mempromosikan dirimu sendiri dan bisnismu, bukan? Oke, twitter-dan sosial media lainnya umumnya tidak begitu suka kamu mempromosikan barang jualanmu secara langsung. Contohnya, kamu mempunyai website yang menjual aksesori hewan peliharaan. Kamu tidak akan mempromosikan barang langsung dari tweet-mu, tapi kamu bisa menggunakan cara halus. Misalkan, kamu bisa membagikan beberapa fakta tentang kucing dan menggambarkan tentang hewan peliharaan ini melalui tweet-mu. Ini seharusnya menjadi sesuatu yang menarik yang akan memikat lebih banyak orang untuk membaca update-mu dan mungkin menjadi followers.

Jangan lupa bahwa sangat tidak perlu untuk menjual langsung via update twitter setelah halaman profile kamu sudah diisi alamat website-mu yang bisa orang lain klik dan kunjungi. Twitter sangat mudah untuk dipahami, bahkan pendatang baru sekalipun akan langsung dapat melihat alamat website-mu dan sangat mungkin untuk mengklik serta melihat-lihat jika mereka membaca dan menikmati update-an tweet-mu.

Mem-follow Orang Lain

Salah satu cara hebat lainnya untuk membuat orang lain mem-follow kamu adalah dengan mulai memfollow mereka lebih dulu. Namun, pastikan kamu memfollow orang yang tepat untuk membuat trik ini sukses. Jika updatemu terkonsentrasi di sekitar fakta menarik dan tidak biasa tentang binatang untuk membantu menarik orang yang juga akan tertarik di website-mu, kamu bisa mulai mem-follow orang lain yang memiliki kesamaan ketertarikan dengan binatang. Tapi, bagaimana cara kamu menemukan mereka di belahan bumi ini? Gunakanlah feature search yang dimiliki twitter.

Feature search ini menjaring pengguna twitter melalui informasi yang diberikan mereka di halaman profile-nya dan menampilkan padamu profile apa saja yang menampilkan kata yang kamu gunakan saat mencari. Maka, kamu telah memulai sebuah awal yang baik.

Kita telah membuat permulaan yang hebat. Tapi, masih banyak yang harus dipelajari dan dapat diambil  keuntungannya lewat twitter. Tunggu update selanjutnya dari @aksimaya ya!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.