blog-social_media_strategy_lightbulbApakah kamu bertanya-tanya bagaimana caranya mengerahkan orang, waktu dan sumber daya di sosial media tahun ini, tapi tidak mampu membaca setiap postingan blog, menghadiri setiap konferensi atau ke setiap topik webinar?

Pilih dari ke-40 ide ini untuk mencari tahu bagaimana kamu bisa ….

  • Menanggapi krisis berikutnya layaknya seorang all-star.
  • Menggunakan sosial media pada pameran dagang atau konferensi.
  • Menilai kematangan sosial media organisasi-mu.
  • Mengatasi hambatan budaya untuk adopsi sosial media di perusahaanmu.
  • Mewakili penggemar super sosial media-mu.

… ditambah 35 ide lainnya

 

1. Membangun Pusat Perintah Sosial Media

Pusat perintah sosial media adalah sebuah area khusus di mana tim sosial media perusahaan dapat memantau dan terlibat percakapan sosial di lingkup brand dan pasar mereka. Mungkin bisa pengelompokan meja di sebuah ruangan atau yang lainnya.

Poin sesungguhnya dari pusat perintah sosial media adalah memungkinkan untuk memantau tren dari efisiensi pemasaran, customer service, manajemen risiko secara real time dan memudahkan untuk mengukur kesehatan sosial brand secara sekilas.

Pusat komando menangani alur kerja sehari-hari dan triase, serta siap untuk meningkatkan dan menerapkan rencana manajemen krisis. Pusat komando berkoordinasi dengan departemen  lainnya di perusahaan: customer service, hubungan masyarakat, penjualan, pemasaran, dan lain-lain.

 

2. Keterampilan Membuat Konten Marketing Plan Sosial Media yang Sukses

Konten marketing didorong oleh satu gagasan besar: Jika kamu menghasilkan dan berbagi konten fantastis yang berguna akan meyakinkan komunitasmu untuk menjadi pelanggan, pelanggan tetap, dan mengirimkan lebih banyak pelanggan.

Kontras dengan marketing interupsi yang ‘old school’: Memaksa target audiens untuk menonton komersial, membaca papan reklame, atau menutup jendela popup. Kita semua benci pemasaran macam ini. Itulah mengapa orang membeli TiVos, memasang iklan-blocker, dan berlangganan Netflix.

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan kamu nikmati setelah membuat dan menerapkan konten marketing plan:

  • Hubungan pelanggan dengan brand-mu lebih kuat setelah mereka melihatmu mencoba membantu mereka. Tidak hanya menjual produkmu saja.
  • Sebuah reputasi baik sebagai pemimpin gagasan dalam industrimu.
  • Meningkatkan lalu lintas ke situs Web-mu melalui peringkat SEO yang lebih tinggi, inbound link dan social shares.
  • Mendidik dan memberdayakan pelanggan yang menjadi brand ambassador.
  • Permintaan customer service lebih sedikit.
  • Peluang untuk mendidik pelanggan tentang keputusan membeli.

 

3. Buat Pedoman Sosial Media Kamu Sendiri

Cara terbaik untuk memulai perjalanan sosial media perusahaanmu adalah dengan membuat buku pedoman. Sementara strategi sosial media strategi memandu visi keseluruhan dan tujuan, buku pedoman membantu semua orang di tim sosial media untuk mengeksekusi strategi dalam harmoni.

Buku pedomanmu harus mencakup :

  • Tujuan bisnis,
  • Peran, tanggung Jawab dan harapan,
  • Menentukan apa yang harus ditanggapai dan apa yang tidak,
  • Menggunakan alur kerja untuk keuntunganmu,
  • Mengetahui siapa, apa dan mengapa dari percakapan,
  • Mengetahui siapa, bagaimana dan kapan untuk menanggapai percakapan,
  • Reporting

Ini adalah titik awal. Dengan memiliki pedoman yang membahas topik ini, bisnismu akan memiliki cara pendekatan yang konsisten dan terdokumentasi untuk mendengarkan dan terlibat dengan komunitasmu. Ini juga akan memungkinkanmu untuk mengembangkan alur kerja yang menyediakan pelaporan, metrik dan akuntabilitas.

 

4. Sertakan Iklan Sosial dalam Kampanye Iklan

Iklan sosial adalah iklan yang muncul di jejaring sosial. Mereka menggunakan tindakan sosial dan rekomendasi, serta penargetan untuk membuat pesan yang sangat relevan dan menarik.

Berikut ini 10 alasan mengapa iklan sosial harus menjadi bagian dari rencana periklananmu :

  • Iklan sosial bersinar terang pada kebutuhan dan persona dari pelanggan dan pelanggan potensialmu.
  • Mereka memberikan tingkat kontrol yang berguna atas kampanye iklanmu.
  • Kamu dapat mengukur dan menganalisis efektivitas iklanmu secara real time.
  • Kesempatan untuk memantau kampanye iklanmu memastikan kamu tidak membuang-buang uang dengan percuma.
  • Jika sesuatu tidak bekerja dengan baik, kamu dapat mengambil tindakan hari ini juga untuk meningkatkan iklanmu.
  • Bahkan, jika ada sesuatu yang bekerja dengan baik, kamu dapat mengotomatisasi amplifikasi.
  • Di zaman di mana sosial media mengambil kendali pesan dari tanganmu, iklan sosial memberikan beberapa kendali kembali padamu.
  • Kamu dapat membuat iklan menarik yang menceritakan cerita yang ingin kamu ceritakan.
  • Iklan sosial memimpin langsung audiens-mu ke titik kontak yang kamu inginkan.
  • Kamu dapat dengan cepat dan mudah mengubah segala sesuatu tentang iklan termasuk warna, penempatan, gambar, ukuran dan banyak lagi.

“Iklan Sosial menjangkau audiens yang kamu investasikan lewat banyak uang dan waktu dalam pengasuhan. Kamu dapat melihat audiens mana yang paling banyak terlibat sehingga kamu dapat memastikan bahwa kamu membeli iklanmu dengan benar dan kamu benar-benar menumbuhkan basis penggemarmu berdasarkan data yang benar.” (Peter Goodman, VP, Salesforce – Marketing Cloud)

 

5. Mengotomatiskan Iklan Sosial.

Otomatisasi bekerja dengan CRM-mu, engagement platform, kampanye iklan sosial dan metrik untuk menetapkan aturan anggaran iklanmu. Hal ini bisa dibantu dengan penerbitan, memungkinkanmu untuk menjalankan iklan pada beberapa platform dalam berbagai format. Berdasarkan informasi yang berhasil dikumpulkan, mesin otomatisasi kamu dapat menyarankan dan menerapkan perubahan pada iklan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk otomatisasi:

  • Berapa banyak kendali dicurahkan ke sistem otomasi dibandingkan kendali media-beli.
  • Berapa banyak uang dihabiskan untuk biaya iklan otomatis.
  • Ambang batas tingkat keterlibatan untuk membeli iklan sosial secara otomatis.
  • Siapa yang menerima alert ketika tingkat otomatisasi dicetuskan.
  • Jenis iklan apa yang dapat dibeli secara otomatis dibandingkan dengan yang dibeli manual.

Tunggu ide-ide lainnya di tulisan Aksimaya selanjutnya ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − eleven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.