5 Keunggulan Media Sosial dalam Customer Service
Sahabat Aksi, sudah baca Customer Service dalam Media sosial? Jika belum, lebih baik untuk membaca terlebih dahulu sebelum baca tulisan berikut. Media sosial memberikan dampak yang sangat besar dalam perkembangan hubungan perusahaan dengan pelanggan. Apa aja yang menjadi keunggulannya? Mari kita intip.
1. Cepat Tanggap
Petugas customer care mungkin tidak dapat menyelesaikan masalah hanya dalam hitungan detik saja, namun mereka dapat merespon dengan cepat terhadap komplain customer, menunjukkan kepedulian yang tinggi dan memberikan kesan bahwa mereka ada untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membalas setiap e-mail, postingan di Facebook, dan Tweeter. Ingat, setiap respon menunjukkan kita peduli.
2. Azas Bermanfaat
Respon positif yang diberikan akan sangat berguna bagi customer itu sendiri juga perusahaan. Bentuk respon positif yang paling sederhana adalah mendengarkan dengan penuh perhatian, kemudian berikan solusi terbaik terhadap permasalahan yang ada, maka customer pun terpuaskan. Manfaat bagi perusahaan adalah meningkatnya persepsi brand yang baik di kalangan pelanggan sebagai bekal untuk meraih keuntungan yang lebih besar nantinya. Tumpukan complain yang ada juga dengan cerdik dapat digunakan sebagai bahan perbaikan produk. Sehingga produk yang beredar di masyarakat semakin mumpuni.
3. Jangkauan Luas
Salah satu fungsi customer service merepresentasikan imej baik perusahaan, ini dilakukan tidak hanya menjawab komentar yang ditujukan langsung melalui account social media namun dengan search engine yang ada kita dapat mencari sekaligus merespon dengan cepat komplain yang diposting di media lain. Selain itu juga user yang ada di seluruh Indonesia dapat terjangkau selama jaringan internet tersedia disana.
4. Bersifat Personal
Petugas Customer service bekerja melalui social media membentuk hubungan yang lebih bersifat personal dengan kliennya. Keramahtamahan, hangatnya persahabatan langsung dapat dirasakan dan dinilai langsung oleh customer.
5. Layanan 24 jam
Sifat sosial media yang dapat diakses selama 24 jam penuh memungkinkan siapapun dan kapanpun untuk mengakses customer service.
Intinya, social media adalah cerminan dalam membentuk citra perusahaan, sehingga customer care menjadi palang pintu perusahaan untuk membangun kepercayaan konsumen di dalam social media.
One thought on “5 Keunggulan Media Sosial dalam Customer Service”