Dengan berjuta-juta orang di media sosial, mengidentifikasi orang yang benar-benar memberikan keuntungan bagi bisnismu mungkin tampak menakutkan. Tapi kami berada di belakangmu untuk memberikan rincian lima tipe utama pengguna sosial media yang bisnismu butuhkan.

Pertama-tama, kenapa kamu membutuhkan pengikut di sosial media? Secara global, 62% orang dewasa menggunakan sosial media. Berdasarkan data yang dihimpun bulan Agustus 2012, sebanyak 66% orang dewasa menggunakan facebook, 16% menggunakan twitter, dan 12% mengatakan mereka menggunakan Pinterest.

Biasanya, 40% pengguna twitter mencari produk dari twitter. 60% pengguna facebook meng-share informasi produk di akun facebook mereka untuk mengklaim kesepakatan pembelian, dan 43% marketer mengklaim kenaikan penjualan setelah mengimplementasikan campaign di sosial media.

Ini dia lima tipe utama dari pengikut sosial media, kenapa kamu membutuhkan mereka dan beberapa tips untuk mengajak mereka. Mari kita lihat para pengikut yang dibutuhkan brand-mu untuk suskses :

  1. The Early Adopter

Mereka adalah corong informasi baru. Bahkan mereka sudah mengetahui kegagalan google+ sebelum peluncurannya. Mereka cepat menangkap trend terbaru yang berguna.

  • Ciri-ciri : Mereka selalu memposting perkembangan jejaring sosial tebaru dan mengomentarinya secara update, baik atau buruk.
  • Kenapa kamu membutuhkan mereka : Mereka ahli dalam menghasilkan segala sesuatu yang keren sehingga menghasilkan pengikut sosial dan sepaket dengan mengikat konsumen. Engagement di sosial media bahkan bisa meningkatkan kesetiaan pada brand hingga 40%.
  1. Social Sharer

Setelah lulus dari email berantai, sekarang para social sharer berkomunikasi secara eklusif melalui link, retweet, facebook shares, dan pinterest boards.

  • Ciri-ciri : Memposting kembali update yang sama di semua jaringan dan gemar memanfaatkan penggunaan hashtags, people tags dan service location.
  • Kenapa kamu membutuhkan mereka : Sosial sharer bisa membantumu meningkatkan kekuatan postmu dengan mempostingnya di semua jejaring sosial mereka.
  1. Born Follower

Born follower atau pengguna yang baru bergabung di sosial media akan meng-like’ facebook page dan mem-follow twittermu semata-mata karena orang lain di jejaring sosial mereka juga melakukannya.

  • Ciri-ciri : Mereka datang sebagai pengikut baru tapi tidak pernah memberikan komentar atau men-share postinganmu, mereka pada umumnya tipe yang ‘diam’.
  • Kenapa kamu membutuhkan mereka : Tipe ini mungkin menemukan diri mereka sendiri terombang-ambing menuju produk atau jasamu. Sekali mereka terinspirasi dengan brandmu, mereka mungkin berkembang menjadi kekuatan populer. 92% dari konsumen lebih dulu mendengarkan teman dan keluarga sebelum orang lain ketika membuat pilihan pembelian.
  1. Popular Powerhouse

Sebuah posting dari mereka bisa menarik 100 kometar, 200 retweet dan 75 share.

  • Ciri-ciri : Sekali mereka memuji brand online-mu, maka kamu akan menerima gelombang pengikut baru dari jaringan mereka.
  • Kenapa kamu membutuhkan mereka : Pengaruh mereka menjadikan mereka orang sempurna untuk membantu menciptakan pengikut baru bagimu.
  1. Basement Dwelling Hater

Konten aslimu lemah dan usahamu untuk memulai percakapan tidak menginspirasi, tapi mengubahnya untuk pengikut yang berdedikasi bisa menjadi hal terhebat yang pernah terjadi pada brand-mu.

  • Ciri-ciri : apakah komplain pasif di blog mereka atau ucapan aktif di halaman sosial mediamu, ketidakpuasan mereka disampaikan terang-terangan.
  • Kenapa kamu membutuhkan mereka : Mengabaikan atau menghapus posting negatif di wall atau feed-mu sebenarnya tidak memperbaiki imejmu. 86% konsumen yang memposting komplain bisnis di twitter-mu menginginkan respon. Hanya 33% pernah mendapatkannya, tapi 75% dari mereka puas dengan respon yang mereka dapatkan.

Percaya atau tidak, kelima tipe utama pengguna sosial media ini berperan untuk bisnis marketingmu. Mengidentifikasi dan mengikat kelima grup ini akan membuat bisnismu lebih memasuki pasar perdagangan sosial yang diproyeksikan akan mencapai angka $ 30 miliar pada tahun 2015. Jadi, selamat mengikat mereka dan nikmati dampak positifnya bagi bisnismu, Sahabat Aksi!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.