Sahabat Aksi, keberhasilan event marketing dalam media sosial dapat dinilai dari :

1. Aktivitas

Melihat aktivitas yang ada dapat menunjukkan seberapa berhasilkah team event dalam memposting keseluruhan konten baik di waktu sebelum, ketika dan setelah event berlangsung.

2. Potensi Tayangan (Potensial Impresions)

Sebuah event adalah alat untuk mempromosikan produk, perusahaan, atau layanan perusahaan. Potensi tayangan dari event ini  beserta konten yang tersedia di media sosial akan mengukur jangkauan acara  dalam jaringan sosial yang ada (di luar peserta yang datang ke event)

3. Tayangan per hari (Enggagement by Date)

Tayangan per hari dapat mengindikasikan seberapa besar kemeriahan event kita. Dalam beberapa kasus, Sahabat Aksi dapat memprediksikan jumlah peserta yang akan hadir dan seberapa besar ekspetasi publik terhadap event dengan meneliti tayangan per hari ini. Data ini juga dapat merevisi teknis pelaksanaan event yang akan diadakan. Sahabat Aksi pun dapat mengetahui kapan waktu terbaik untuk memposting konten agar mendapatkan respond terbanyak dari publik.

4. Tayangan dengan menclick  (Clicks by Enggagement)

Selama event akan berlangsung banyak konten (video,foto,artikel dan link) di-share di media sosial. Click by enggagement akan memberikan sebuah gambaran seberapa banyak sosialita yang tertarik terhadap aspek apa saja yang ada di event.

5. Seberapa Banyak Diperbincangkan oleh Audiens (Mentions by Audiens)

Banyak diperbincangkan oleh sosialita adalah sebuah reaksi yang timbul secara automatis yang tak diminta tentunya, dengan mengukur perbincangan ini Sahabat Aksi dapat melihat seberapa besar dampak yang ditimbulkan dari event.

6. Keyword sentiment

Mengambil data sentimen dari kata kunci yang ada membantu mengukur keseluruhan sentimen (positifkah, negatif, atau netral) reaksi dari audiens yang ada selama event. Dari data ini dapat membantu menjelaskan bagian dari event yang mana yang diterima dengan baik dan bagian mana yang tidak. Sebagai tambahannya dengan  merunut dari data kualitatif yang ada kemudian dikaitkan dengan kata kunci seperti tweets, komen atau postingan akan memudahkan mengidentifikasi aspek mana dari event yang paling sukses dan mana yang tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *