1. Gambar adalah segalanya

Aku tahu. Kamu tidak ingin mempercayainya. Tapi terima kasih kepada timeline facebook, penampilan halamanmu berarti segalanya. Tentu, kualitas konten yang bernilai akan mempertahankan fans-mu. Tapi jika kamu ingin menarik fans baru, kamu perlu membuat kesan pertama yang baik dan tidak ada cara yang lebih baik selain melakukannya dengan gambar di timeline facebook-mu.

Jangan Menghemat Kualitas Gambar. Sangat penting bahwa kamu tidak hanya menggunakan gambar berkualitas, tapi juga branding dan skema warna yang konsisten. Beri perhatian khusus ke :

  • Foto Profile

Foto profile merupakan personalitasmu di halaman facebook milikmu. Setiap kamu membuat postingan baru, akan disertai dengan foto profile-mu. Pastikan itu terlihat hebat! Upah fotografer profesional untuk mengambil gambar berkualitas.

  • Foto Cover

Penelitian menunjukkan bahwa foto cover adalah apa yang pengunjung baru paling lihat pertama kalinya. Foto cover harus merangkum siapa kamu yang menarik secara visual tanpa terkesan sebagai pengiklan. Lebih fokuslah pada gambar daripada naskah.

  • Ikon Tab

Empat kotak di bawah foto cover adalah tab mu, dan total kamu bisa memiliki sampai 12 tab secara keseluruhan. Yang pertama adalah untuk foto, yang tidak bisa dipindahkan atau diganti. Sementara tiga tab lainnya akan jadi tab yang paling sering orang lihat. Pastikan tab ini menarik secara visual agar dilihat pengunjung. Pastikan juga gambarnya terlihat jelas dan juga pastikan bahwa kamu menggunakan tema yang biasa atau umum dan branding di seluruh tab mu.

  • Foto Share

Pastikan bahwa kamu meng-share foto di timeline mu. Penelitian menunjukkan bahwa pengguna facebook lebih banyak berinteraksi dengan foto dan video daripada tipe konten lainnya. Kamu tidak perlu meng-share foto profesional disini. Kamu bisa meng-share foto yang kamu ambil dengan hp, screen grab, atau apapun. Visual selalu lebih baik. Ceritakan dengan gambar.

  • Link Thumbnail

Ketika kamu meng-share link, apakah itu link ke situsmu atau orang lain, pastikan disana ada gambar thumbnail yang terkait dengannya. Ini adalah salah satu kesalahan terbesar yang sering ditemukan ketika membicarakan facebook marketing. Jika tidak ada thumbnail, lebih baik tidak meng-sharenya karena itu akan terlihat membosankan dan tidak menarik yang membuat fans malas berinteraksi dengan itu. Tanamkan juga di pikiran bahwa tersedia banyak macam thumbnail untuk dipillih. Pilihlah secara bijak.

  • Milestones

Facebook milestones memberimu kemampuan untuk memberitahu orang tentang cerita mengenai brand-mu. Ceritakan ketika perusahaanmu mulai berdiri, ketika pertama kali membuka pintu, ketika pertama kali menghasilkan uang, ketika staff tertentu datang dari luar negeri, ketika memenangkan award atau bagaimana brand-mu bersama masyarakat berubah melewati tahun demi tahun. Tapi kunci terbesar di sini adalah gambar! Ceritakan singkat di milestone dan sertakan foto terbaik yang mempresentasikannya.

Ini seperti sebuah buku bayi. Kamu bisa menulis tentang anakmu, menceritakan secara detail setiap tahun hidupnya. Tapi seberapa menariknya buku itu tanpa gambar pendukung yangmenunjukkan pertumbuhan dan perubahan?

2. Tarik, Libatkan, dan Beri Aneka Macam Konten

Sekali kamu memiliki fans baru, kamu harus menjaga mereka. Pada poin ini konten berkualitas menjadi lebih penting dari gambar berkualitas. Kamu ingin agar fans-mu tidak hanya membaca konten, tapi juga mengklik-share, memberikan komentar dan like. Untuk membangkitkan tindakan itu, kamu perlu menulis secara menarik, melibatkan dan memberikan konten berbeda yang meminta fans untuk berinteraksi!

  • Jadilah Menarik

Aku mohon padamu.. Please, jangan jadikan halaman facebookmu sebagai alat PR. Fans-mu tidak ingin terus-menerus mendengar tentang seberapa hebatnya dirimu. Mereka tidak ingin tiap post baru berisi tentang produk yang kamu jual. Jadi menarik adalah tentang menjadi manusia. Fans-mu tidak ingin memfollow sebuah robot. Mereka tidak akan berinteraksi dengan brand. Mereka merespon orang.

Jangan hanya memposting tentang brand-mu. Share informasi menarik dan membantu yang akan bernilai bagi fans-mu. Selalu tanggap untuk menyelesaikan masalah pelangganmu. Menjadi personal namun tetap profesional. Jika kamu memprioritaskan page-mu untuk fans bukan untukmu, maka kamu berada di jalur yang benar.

  • Jadilah Terlibat

Pikirkan tentang percakapan apa yang paling melibatkan fans. Salah satunya adalah dengan melemparkan pertanyaan sebanyak mereka bicara. Selalu tanggap untuk membangun percakapan. Jadikan itu sebuah tujuan untuk mengakhiri setiap posting dengan pertanyaan. Kamu akan mendengar bahwa untuk meningkatkan EdgeRank, kamu harus bertanya untuk komentar dan likes secara sederhana. Ini mungkin benar. Tapi ini sebuah cara autentik untuk dilihat.

Kamu seharusnya melihat pertanyaan sebagai cara untuk mencari tahu lebih banyak audience dan lebih banyak pelanggan. Lakukan karena kamu benar-benar peduli terhadap jawaban mereka dan kamu harus melakukannya. Jika kamu menemukan apa yang paling mereka perhatikan darimu, kamu bisa menyesuaikan kontenmu di sekitar itu. EdgeRank akan mengikuti secara alami.

  • Jadilah Berbeda

Aku yakin bahwa website-mu menakjubkan. Aku yakin bahwa kamu menjamin kualitas ketika meng-share link ke sana. Tapi kamu bisa membuat fans-mu tertidur jika kamu tidak mencampurnya. Pengguna facebook lebih merespon foto dan video dibandingkan tipe konten lainnya. Temukan cara untuk mengintegrasikannya ke rutinitasmu. Tapi tentu saja share link mu, share link dari yang lain, dan selalu ada bahan untuk update status.

Alat lainnya yang penggunaannya tidak dimaksimalkan adalah Facebook Questions Native Application. Padahal, ini adalah cara yang sangat mudah untuk mendapatkan feedback dari fans-mu. Meskipun mereka perlu membuat sedikit pengorbanan untuk berinteraksi, gunakan!

3. Mengatur Strategi untuk Tab

Kesalahan yang biasa dilakukan brand adalah benar-benar mengabaikan tab, area kotak berukuran 111×74 pixel yang berada di bawah foto cover-mu. Ini adalah kesalahan besar. Kamu harus berpikir tentang tab layaknya sebuah menu utama dalam situs web-mu. Apa tindakan yang kamu ingin user lakukan ketika mereka berada di page-mu? Namun, sebelum itu kamu harus berpikir tentang dua hal ini :

1. Apa prioritas dan tujuan page-mu dan perusahaan?

2. Apa yang fans atau calon fans ingin ketahui?

Di sini ada beberapa saran untuk menggunakan tab. Tapi pahami bahwa apa yang terjadi di sini tergantung industrimu, perusahaanmu, dan kebutuhan fans-mu.

  • Tentang Kami (About us)

Foto covermu adalah cara pertama memberitahu siapa kamu. Jika seseorang ingin, mereka bisa membaca milestones-mu. Tapi cara efektif lainnya untuk memberitahu lebih banyak tentangmu dengan cepat adalah dengan menggunakan tab.

Menciptakan sebuah video perkenalan adalah cara hebat untuk memanfaatkan tab ini. Gambarkan dengan detail apa yang kamu lakukan, daftar orang-orang penting dan milestone. Jelaskan apa saja semua tentangmu.

  • Penawaran, Diskon, dan Pembelian

Satu hal yang fans dan calon fans inginkan lebih dari apapun juga adalah akses ke penawaran dan diskon. Jangan ragu untuk menyoroti penawaran di salah satu tab. Aku juga menyarankan untuk membuatnya terpisah bagi fans dan bukan fans. Tunjukkan bahwa akses ke penawaran tersedia dengan memberikan motivasi untuk meng-like page lebih dulu.

  • Produk

Soroti produk individu atau tarik dalam halaman produk via RSS atau iFrame. Bahkan jika kamu menggunakan iFrame, itu memungkinkanmu untuk mendapatkan kreatifitas dan proses pembelian terjadi sepenuhnya dalam Facebook. Jika tidak, kamu bisa menampilkan produk di facebook dengan link ke situs-mu untuk menyelesaikan transaksi.

  • Kontes dan Promosi

Orang menyukai kontes. Buat sebuah kontes foto atau video di salah satu tab-mu. Buatlah agar hanya user yang sudah menjadi fans yang bisa berpartisipasi. Buat terpisah dengan non-penggemar agar mengharuskan mereka untuk meng-like page lebih dulu.

  • Subscription/Langganan

Buatlah formulir yang mengizinkan user untuk berlangganan buletin mingguan. Setelah itu, sediakan beberapa keuntungan dari buletin tersebut, misalnya sebuah sample video yang menjelaskan tentang produk. Tambahan, mungkin kamu punya sesuatu yang bisa kamu tawarkan lewat pertukaran alamat email. Tab adalah tempat hebat untuk ini.

  • Kontak

Fans bisa mengontakmu melalui pesan facebook sekarang. Kamu harus menyertakan alamatmu, no telepon, dan alamat email yang bisa fans dapatkan di gambaran perusahaanmu. Tapi bagaimana dengan cara lain agar mereka bisa terkoneksi denganmu? Sebuah ide bagus untuk menciptakan tab yang memberikan detail semua sosial media-mu. Jadi, fans bisa mem-follow kamu di sana juga.

  • Website

Tarik artikel terbaru melalui RSS feed. Hanya dalam bentuk kutipan, jadi fans perlu meng-klik link untuk melihat keseluruhan artikel.  Tunggu lanjutan enam rahasia sukses marketing di Facebook lainnya di postingan kami selanjutnya…. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 19 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.