6 Rahasia Sukses Marketing di Facebook (Bagian II)
4. Penawaran, Diskon, Pembelian
Kamu mungkin menarik, kamu mungkin disukai. Tapi satu hal yang fans inginkan lebih dari apapun adalah harga. Dalam kasus kebanyakan, pengguna facebook meng-like page untuk akses ekslusif ke penawaran, diskon, dan pembelian. Sementara eksklusivitas membantu, itu tidak benar-benar diperlukan. Kadang cukup hanya dengan menyediakan akses mudah ke penjualan yang tersedia untuk setiap orang. Disini ada tiga cara yang dapat kamu gunakan untuk melakukan penawaran, diskon, dan pembelian sehingga meningkatkan jumlah penggemar setiamu.
- Pengumuman Spesial Lewat Updates
Ini bisa kamu lakukan sekali sehari atau sekali seminggu, tapi tetapkan jadwal rutin untuk pengumuman spesial. Mungkin “Diskon barang minggu ini”, “Happy hour spesial hari ini” atau sesederhana “20% diskon makanan hanya untuk fans facebook!”
Seperti yang aku bilang, eksklusivitas tidak diperlukan. Jika restoranmu di daerah bisnis, umumkan setiap pagi apa menu spesial makan siang di tempatmu. Kamu akan takjub bagaimana itu berimbas pada penjualan makan siang. Gunakan update status, foto, video, apapun yang bisa digunakan. Jadilah kreatif, bersenang-senanglah dengannya!
- Membuat Tab Spesial
Buat tab khusus penawaran spesial di bawah foto cover-mu dan buat hanya fans yang bisa mendapatkan akses detailnya. Sekali mereka meng-like page, mereka akan mendapatkan kode promo yang bisa digunakan untuk diskon 20% di makan siang mereka, beli satu dapat satu, atau apapun yang ingin kamu tawarkan. Apapun penawarannya, buat itu spesial! Aku menggunakan ShortStack untuk membuat tab, dan mereka punya template hebat untuk tujuan spesifik ini.
- Penawaran Facebook
Sebuah alat fantastis tersedia untuk bisnis kecil maupun besar adal Facebook Offers. Kamu bisa menciptakan sebuah penawaran resmi melalui Facebook Publisher Tool dan mengatur gambar, tanggal yang baik, barang yang tersedia, dan syarat ketentuan.
Ketika seseorang mengklaim suatu penawaran, mereka akan dikirimi verifikasi email bahwa mereka harus mengambil ke toko Anda untuk penebusan. Penawaran ini juga akan masuk ke News Feed teman-teman mereka dan tickers. Maka kamu memiliki kesempatan untuk menjadikannya viral.
Ada beberapa kemungkinan dengan ini. Bayangkan jika kamu membuat penawaran bagus (bahkan hadiah) dari produk yang tersedia untuk sejumlah kecil orang (1-5)? Bagaimana jika kamu tidak mengumumkan itu akan terjadi tapi fans-mu sudah tahu itu akan terjadi sekali seminggu? Mereka akan menguntit page mu!
5. Anggaran untuk Iklan
Kamu tidak butuh anggaran besar untuk meraup keuntungan dari iklan facebook. Ini salah satu cara paling efisien dan terjangkau untuk menumbuhkan bisnismu. Kamu bisa menargetkan iklanmu di grup spesifik dari orang-orang berdasarkan umur, jenis kelamin, pendidikan, tempat tinggal, ketertarikan, dan banyak lagi. Ini cara ampuh untuk mencapai demografis idealmu.
- Menargetkan Iklan pada Non Fans
Ini apa yang banyak orang pikirkan ketika membicarakan Facebook ads. Kamu membuat iklan yang memberikan beberapa fitur atau keuntungan dari page-mu dan selesai dengan panggilan untuk meng-like. Hal ini cukup mendasar. Tapi banyak brand gagal mengoptimalkan iklan mereka dan oleh karena itu tidak mencapai keberhasilan yang seharusnya. Ini beberapa faktor penting ketika membuat iklan ini :
1. Gambar: Jangan mengandalkan logomu, gambar wajah close up bekerja paling baik.
2. Naskah: Pendek dan to the point. Tunjukkan nilaimu dengan cepat. Akhiri dengan panggilan untuk bertindak (“Click Lke for….”)
3. Tawarkan sesuatu yang bernilai dalam pertukaran untuk sebuah like. Membuat sebuah iklan yang berbicara tentang seberapa hebatnya kamu tidak akan pernah cukup. Tawarkan sesutu yang bernilai untuk menukarnya dengan meng-like facebook atau penawaran eksklusif yang memberikan keuntungan bagi mereka.
4. Evaluasi dari iklan ini dengan biaya yang dihabiskan per Like. Pada akhirnya, kamu harus perhatikan tentang berapa banyak biaya yang kamu keluarkan untuk mendapatkan tiap fans baru.
- Target Iklan Pada Fans
Jangan berhenti pada menargetkan bukan fans saja. Kamu juga harus menargetkan fansmu saat ini dengan baik. Lalu, bagaimana kamu mengakali agar fansmu yang sedang tidak online dapat melihat potinganmu juga? Jawabannya adalah gunakan page post iklan, kamu bisa mempromosikan posting apapun yang kamu buat sebagai iklan. Kamu bisa mempromosikan itu secara teknis kepada non fans juga tapi aku merekomendasikannya untuk fansmu sekaran ini.
Tidak setiap posting cocok untuk iklan. Pilih posting yang bernilai tinggi untukmu. Mungkin kamu menciptakan produk baru atau merilis ebook baru. Kamu tidak ingin mengganggu fansmu dengan memposting ini setiap hari. Tapi kamu bisa mempromosikannya sebagai iklan ntuk menjamin fans dalam jumlah besar melihatnya.
Fans juga lebih rela untuk berinteraksi dengan iklanmu dibanding non fans. Mereka mengenali foto profile-mu. Mereka tahu siapa kamu dan percaya padamu. Ini cara hebat untuk memastikan bahwa posting pentingmu tak pernah terlewatkan.
6. Dengarkan Fansmu
Sebuah tes yang baik dilakukan apakah page-mu ditujukan untuk brandmu atau fansmu adalah dengan melihat bagaimana kamu bereaksi terhadap feedback dan komplain dari fans. Apakah kamu bungkam? Apakah kamu defensif? Apakah kamu mengabaikannya? Dengarkan fansmu. Bereaksi. Lebih dari itu, libatkan fans kalian saat membuat perubahan besar.
Buat jejak pendapat pada mereka mengenai apa yang mereka suka dan tidak suka. Tanya mereka untuk memilih sebuah barang yang akan diobral selama minggu ini. Izinkan fansmu untuk memilih produk baru, logo, atau layanan barumu. Buat mereka bagian dari solusi.
Biarkan fansmu menjadi investasi pendukung brand-mu. Mereka akan berpindah dari menjadi fans kasual, fans yang tenang ke fans gila mengoceh dan kamu akan menginginkan mereka mengoceh lebih gila lagi! Contohnya, biarkan fans-mu untuk memilih logo barumu untuk melibatkan sejumlah kepercayaan dari mereka. Pilih dua finalis logo dan biarkan fans-mu yang lain memilih pemenang berdasarkan like. Pada akhirnya, mereka memang benar!
Jangan mengelola page-mu dengan kebutaan. Facebook Insight memberimu banyak sekali informasi yang baik yang dapat membantu memaksimalkan keefektifan halaman facebook-mu. Cara yang baik untuk mengetahui apakah kamu perlu merubah sesuatu adalah berbicara tentang metrik ini di bawah foto cover. Reka berapa banyak fans yang meng-like, komen, atau membuat cerita tentang page-mu. Jika jumlahnya turun, kamu harus mencoba sesuatu yang berbeda.
Insight juga akan memberimu ide mengenai tipe konten apa yang paling disukai fans. Apakah mereka berinteraksi dengan link-mu? Foto? Video? Pertanyaan? Mungkin banyak tipe konten yang harus kamu abaikan dan yang lainnya harus sering kamu posting lebih sering.
Kapan waktu yang tepat untuk memposting? Ini sering ditanyakan dan facebook insight akan memberitahumu kapan fans engage paling sering terjadi dengan kontenmu. Pastikan kamu meng-like facebook page Aksimaya, mem-follow twitter @aksimaya dan membaca blog Aksimaya untuk tips terbaru seputar sosial media dan tips lainnya yang pastinya bermanfaat dan sayang untuk dilewatkan