Sahabat Aksi, sebelumnya kita telah membahas tentang event marketing dalam media sosial. Namun, jika Anda adalah sebuah brand yang ingin mengadakan sebuah event di dunia digital, ada baiknya untuk mengetahui alasan penggunaan media sosial untuk mendukung terselenggaranya digital event marketing dengan baik.

Promosi

Sebuah event membutuhkan promosi yang gencar untuk dapat menarik perhatian orang dan mengajak mereka untuk datang berkunjung. Untuk tugas yang satu ini media sosial menyediakan alat untuk berpromosi yang dapat diakses setiap waktu.  Sebuah tempat promosi dimana update dan promosi yang berkaitan dengan event marketing tersebut secara langsung dapat dibagikan lebih banyak dan lebih sering kepada member.

Temuan menarik lainnya lagi  ialah berdasarkan polling terhadap 474 event marketing pada perusahaan kecil (sekitar 50 karyawan), terungkap  bahwa Facebook adalah saluran yang paling populer untuk promo event. Diantara mereka yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan event, 88,8% mengatakan menggunakan Facebook, diikuti oleh Twitter (66,0%) dan Linkedin (53,8%). Lebih lanjut bisa dilihat di link ini.

Real time awareness (kesadaran akan waktu)

Baik sebelum, ketika berlangsung dan setelah akhir dari sebuah event banyak sekali aktivitas  yang dilakukan. Penyelenggara event dapat dengan mudahnya memberikan tanda pengingat (reminders) dari sebulan sebelum acara hingga H-1 yang isinya berupa pemberitahuan akan diadakannya event tersebut. Kekhawatiran partisipan tidak mengenal siapa pembicara hebat yang akan tampil tidak akan menjadi masalah lagi, selain itu perubahan jadwal, dan promosi dalam situs kesemuanya dapat diinformasikan lewat media sosial.

Partisipasi dari Pendengar (Audiens)

Saat ini Lebih mudah dari sebelumnya untuk mendatangkan para peserta konfrensi untuk berpartisipasi dalam media sosial. Kecepatan berkomunikasi dan mudahnya konten untuk disebarluaskan, memudahkan penyelenggara event untuk berinteraksi dengan member yang satu dengan yang lainnya. Bentuk interaksinya bisa mengirimkan undangan, memberikan tiket gratis online, dan mempromosikan acara yang akan diselenggarakan. Aktivitas ini akan  menciptakan ketertarikan terhadap event sebelum event itu sendiri diadakan.

Komunitas sharing

Dengan menggunakan media sosial ke dalam event marketing akan menciptakan account yang penuh dengan kegiatan menarik di dalamnya.  Aktivitas yang dilakukan penyelenggara event baik itu polling pendapat atau kuisioner akan menghidupkan suasana sebelum hari H. Hal ini akan lebih menarik perhatian potensial partisipan untuk mencari tahu lebih dalam lagi dan pada akhirnya mau datang ke event kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.