Bagaimana Terhubung dengan Fans Lewat Facebook Ads?
Facebook sebagai salah satu platform sosial media memberikan kesempatan dan kekuatan pada penggunanya untuk terhubung dengan dunia. Satu cara untuk terhubung dengan audiens-mu di facebook adalah melalu facebook ads.
Facebook ads atau iklan facebook telah meraih popularitas besar diantara pebisnis. Kami pernah menjalankan ads untuk klien kami untuk meraih lebih banyak fans dan lebih ‘terlihat’. Facebook ads menciptakan dan meningkatkan basis komunitasmu serta membuatmu dapat berkomunikasi dengan mereka setiap hari.
Facebook ads bekerja dalam banyak faktor yang memegang peran vital dalam kesuksesan sebuah campaign. Targetkan audiens dengan tepat. Facebook ads memungkinkanmu untuk menargetkan audiens yang ingin kamu jangkau melalui iklanmu.
Pengiklan bisa memasang target berdasarkan :
- Lokasi, bahasa, pendidikan, dan pekerjaan.
- Umur, jenis kelamin, Hari lahir, dan status hubungan.
- Kesukaan dan ketertarikan.
- Koneksi Fans : Kamu bisa menargetkan teman dari pengguna yang sudah terkoneksi ke page atau app-mu untuk menjangkau lebih banyak audiens yang lebih relevan.
- Hubungan : Kamu bisa menargetkan iklanmu ke fans dari page-mu saat ini untuk mempromosikan penawaran spesial dan menyetir loyalitas pelanggan.
Merancang Facebook Ads
Setelah mengidentifikasi target audiens, langkah berikutnya adalah merancang iklan. Kami menyarankan untuk menciptakan 2-4 macam rancangan iklan. Iklan facebook pada dasarnya terdiri atas :
1. Judul
2. Gambar
3. Tubuh
Ketiga parameter tersebut perlu kamu optimalkan. Variasi rancangan iklan dapat dilakukan pada gambar atau tubuh(body) iklan. Ini akan membantumu dalam menganalisis iklan mana yang bekerja lebih baik dalam meraih fans.
Ada beberapa cara terbaik untuk merancang iklan, yaitu :
- Selalu gunakan gambar yang sesuai dengan konten iklan. Gambar harus menggambarkan pesan yang ingin disampaikan melalui iklan.
- Pesan harus singkat, segar, dan langsung ke pokok permasalahan.
- Tambahkan panggilan bertindak dalam pesanmu. Contohnya : “Like kami sekarang untuk mendapatkan diskon 50%.”
Analisis dan Optimalkan
Sekali iklan berjalan, kamu perlu memonitor dan menganalisis mereka secara terus-menerus untuk tahu iklan mana yang berjalan paling baik. Gunakan ‘ads report’ agar kamu bisa menganalisis teks dan gambar mana yang bekerja lebih baik. Setelah meninjau report, kamu juga bisa menghentikan iklan yang tidak berjalan dengan baik dan mengalokasikan anggaran untuk iklan lainnya yang lebih menjanjikan.
Optimasi iklan sangat penting untuk membawa konten dan gambar baru. Ini akan memberikan hasil yang lebih baik karena ada kemungkinan penonton mulai bosan dengan konten lama yang sama. Kami menganjurkan untuk mengoptimalkan iklanmu mu kapanpun kamu melihat adanya penurunan CTR (Click Through Rate/Rata-rata klik per tayang).
Kesuksesan sebuah iklan dapat diukur melalui :
- Jangkauan sosial : Orang yang melihat iklanmu dengan nama temannya yang telah meng-like page-mu tercantum di sana, telah meng-RSPV event-mu atau menggunakan app-mu.
- Koneksi: Jumlah orang yang menyukai page-mu, RSPV event-mu atau menginstal app-mu dalam waktu 24 jam setelah melihat iklanmu.
- Klik : Sebuah klik dihitung ketika seorang mengklik iklan ke landing page-mu. Ini termasuk meng-like page-mu, RSPV event-mu, atau menginstal app-mu.
- CTR : Jumlah klik pada iklan dibagi jumlah waktu mereka ditampilkan dalam situs.