Akhir-akhir ini, twitter ramai dengan kuis menggunakan hashtag yang diselenggarakan oleh sebuah merek minuman ringan. Gelombang percakapan hashtag yang dihasilkan mendorong beberapa merek lain untuk meniru konsep tersebut dan membangun basis penggemar (fan base). Dulu, beberapa merek lain juga telah sukses menggelar campaign dengan menggunakan hashtag di twitter. Jadi, bagaimana cara membuat campaign twitter sukses dengan menggunakan hashtag?

1. Buat Hashtag yang sederhana dan lucu

Ketika kamu memutuskan sebuah hashtag, pastikan itu baru. Juga ingatlah, twitter memiliki batas 140 karakter. Jadi, pastikan hastagmu tidak terlalu panjang. Itu akan memberikan beberapa karakter bagi user untuk menyertakan kalimat mengenai apa yang ada dalam benak mereka.

2. Buat Hahtag yang trendy

Inti dari hashtag adalah mengkomunikasikan pesan. Hashtag harus bisa mengkomunikasikan pesan secara sederhana namun berani. Carilah kata kunci unik yang sesuai untuk mewakili brand atau industri akan menghidupkan semangat brand. Hashtag biasa yang berbicara tentang brand pasti akan mendapatkan jempol ke bawah dari pengguna. Sebuah hashtag yang sukses dan populer membutuhkan faktor ‘X’ untuk menjadi tren.

3. Perhatikan Resiko

Kamu perlu berhati-hati dalam membuat hashtag. Pastikan hahstag-mu tidak akan menghasilkan buzz yang tidak ingin kamu lihat. McDonalds harus membayar #McDStories mereka dengan gelombang kritik di twitter. Bahkan, PR Campaign pesaing presiden Amerika Mitt Romney berbalik menjadi serangan di hari ulang tahunnya ketika orang-orang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyampaikan ketidaksukaan mereka padanya.

4. Jangan Melecehkan

Pelajaran yang dapat kita ambil dari reaksi yang diterima Kenneth Cole untuk menggunakan hashtag yang terkait dengan pemberontakan mesir, hashtag  ‘pelecehan’ tersebut tidak memliki tempat di Twitter.

5. Atur Target Audiens

Setelah kamu memiliki hashtag sendiri yang unik dan asli, semua yang perlu kamu lakukan adalah mengatur target audiens. Sekali kamu memiliki hashtag unik dan asli, semua yang kamu butuhkan adalah mengatur target audiens. Sekali kamu mengatur target audiens untuk membicarakan dan menggunakan hashtag-mu, Kejutan! Tidak ada yang dapat mengehntikan hashtag-mu muncul ke peta tren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>