Sahabat Aksi, media sosial  memberikan perubahan besar dalam cara berkomunikasi, baik itu personal maupun bagi perusahaan. Seperti yang sering banyak terjadi saat ini, banyak orang menyampaikan keluhan lewat melalui media sosial , baik itu di Twitter maupun Facebook.

Jika dulu pelanggan ingin berdiskusi tentang produk atau layanan, call center menjadi tujuan pertama untuk menyelesaikan masalah, sehinggal hanya pelanggan dan perusahaan yang akan mendengar mengetahui isu apa yang tengah berlangsung. Namun dengan hadirnya media sosial , beragam isu dapat dimuat secara terbuka menjangkau pembeli potensial.

Tentu saja, hal tersebut berpengaruh besar terhadap reputasi perusahaan. Apalagi, perusahaan tidak segera memberi solusi atas semua isu yang sedang terjadi. Oleh karena itu, media sosial  kini menjadi customer service yang dapat digunakan untuk mengetahui isu yang berkembang sekitar produk dan layanan perusahaan.

Customer Service merupakan garda terdepan pencitraan brand. Baik buruknya sebuah brand dapat dinilai dari customer service karena menjadi penghubung antara perusahaan dengan pelanggan. Tentunya diperlukan SDM yang paham tentang seluk beluk informasi produk dan kebijakan-kebijakan perusahaan tersebut. Tujuannya adalah agar Kegiatan layanan ini dapat memberikan kepuasan pelanggan terhadap produk dari mulai sebelum, semasa, dan sesudah produk itu dijual.

Sahabat Aksi mungkin sering mendengar Customer service, customer care, customer representative, dan customer relations. Semua istilah tersebut bermakna sama karena dapat dipakai untuk menyatakan sebuah proses layanan yang sama dengan tujuan yang sama pula yaitu untuk membuat user datang dan berbelanja lagi. Tergantung masing-masing orang mendefinisikannya, yang mana yang paling mengena. Pokoknya apapun istilah yang dipakai tidak menjadi masalah, selama lawan bicara mengerti apa yang kita bicarakan.

Berbicara tentang keterlibatan media sosial dalam customer service, media sosial memberikan kecepatan dan pendekatan personal kepada customer tergantung platform apa yang akan mereka gunakan.  Mungkin user sedang ramai mendiskusikan brand dalam facebook atau twiiter. Bisa jadi User juga sedang membuat blog menarik tentang review rekomendasi produk. Mengunakan media sosial dalam customer service tidak hanya mempermudah tapi juga menyempurnakan pelayanan Perusahaan.

Beberapa hal yang berkaitan dengan customer service,

  1. Balas setiap e-mail, postingan di facebook, dan tweeter. Setiap respon menunjukkan kita peduli.
  2. Jangan buat janji-janji yang tidak dapat kita tepati.
  3. Dengarkan apa yang hendak customer ungkapkan, respond dengan tepat dengan memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada.
  4. Hadapi setiap complain yang ada, berusahalah semaksimal mungkin untuk dapat memuaskan setiap pelanggan untuk meraih keuntungan yang lebih besar nantinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.