Berbicara tentang manfaat yang bisa diambil dari penggunaan media sosial dalam customer service, hal tersebut tak terlepas dari pengalaman seorang customer atau customer experience. Untuk dapat dengan sukses memanfaatkan kebaikan media social ini, perusahaan perlu menciptakan customer experience yang memuaskan, dengan tujuan memberikan nilai tambah nyata berbentuk perhatian, dukungan, maupun data konten yang berguna.  Semua faktor ini mampu meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience) yang baik dan tentunya selalu menitik beratkan pada kepuasan pelanggan.

Sahabat Aksi, sebuah study yang baru-baru ini dilakukan oleh salah satu bank terbesar di dunia, American Express, pelanggan yang menerima customer service yang baik melalui saluran media sosial  akan secara signifikan kembali dan membeli brand tersebut. Customer experience yang baik akan berdampak pada hal-hal berikut ini:

1. Penjualan Tinggi dan Keuntungan Tinggi

Customer experience yang baik akan membuat mereka akan datang dan berbelanja lagi.

 

2. Memperluas Jaringan Bisnis

Banyak bisnis yang dimulai dari customer service yang baik, banyak prospek klien yang percaya akan kredibilitas perusahaan setelah melihat layanan customer mereka.

 

3. Menyediakan layanan 24 jam

Padatnya jadwal pelanggan yang tidak sempat datang ke outlet customer service dapat menggunakan layanan online ini, selepas pulang kantor buka laptop, akses internet, outlet customer service telah tersedia di hadapan anda. Kapan pun bisa kita akses.

 

Menjangkau wilayah yang luas.

Selama ada jaringan internet yang beroperasi di daerah pelosok sebesar itu pula cakupan yang dapat dijangkau customer servicenya. Untuk melayani wilayah Indonesia dengan 33 provinsinya cukup satu divisi online customer service yang melayaninya. Dimanapun dapat kita akses. Bagaimana Sahabat Aksi, lebih hematkan?

 

4. Penghematan Biaya Ongkos Produksi.

Karena sifatnya yang dapat menghemat banyak pengeluaran dan Banyak memberikan banyak manfaat,  terobosan baru seperti penggunaan media social ini akan sangat direspon positif oleh manajemen perusahaan.

 

5. Menciptakan lapangan kerja baru

Banyak perusahaan membuka lowongan pekerjaan baru untuk posisi  ahli media social dan online community baik tingkat manajer atau pun petugasnya. Tugasnya tidak lain dan tidak bukan memonitoring aktivitas kegiatan, memonitoring apa yang dikatakan customer tentang brand, dan berinteraksi denngan mereka.

 

6. Membantu Meringankan Tugas Outlet Customer Service

Banyaknya customer yang datang langsung ke outlet dan mendapatkan customer experience yang buruk dapat diminimalisir karena adanya online customer service yang tidak perlu mengantri dan menunggu terlalu lama untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan.

 

7. Menyediakan alternative contact center customer service

Variasinya akan bertambah dari mulai via telepon, media massa, sms, datang langsung ke outlet, dan sekarang adanya online customer service. Jadi sekarang Sahabat Aksi bisa memilih media mana yang paling sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.