Sahabat Aksi mungkin pernah datang ke acara festival musik, seminar, atau acara pertandingan olahraga yang diselenggarakan oleh sebuah brand tertentu.  Acara-acara tersebut merupakan salah satu bentuk event marketing. Namun, apa yang dimaksud dengan event marketing?

Dalam bukunya yang berjudul Electronics for Today and Tomorrow, Tom Duncan mengatakan, event marketing  adalah sebuah acara atau kegiatan yang memiliki pengaruh atau dampak positif dan memberikan kesan mendalam bagi setiap orang yang hadir, baik customer maupun potensial customer. Sebuah event marketing memiliki peranan diantaranya memperkenalkan suatu produk baru, meningkatkan loyalitas pelanggan tetap, memfasilitasi terjadinya penjualan saat event berlangsung, memperkenalkan keunggulan suatu produk.

Selain fungsi ini menurut www.pengusaha-pengusaha-indonesia.com terdapat beberapa fungsi lain dari event marketing yaitu:

1. Memperkuat brand positioning dan image sebuah merk.

2. Menarik pelanggan pesaing (Brand switching).

3. Menciptakan brand awareness yang tinggi dan instan.

Dewasa ini, event marketing telah menggunakan media sosial sebagai media promosinya. Banyak perusahaan telah menyelenggarakan events seperti konfrensi, user groups dan meet ups sebagai bagian dari rencana bisnis korporasi. Banyak orang datang untuk menghadirinya untuk saling berkomunikasi, berinteraksi dan saling berbagi dan hal tersebut merupakan sifat media sosial. Untuk itu, penggunaan media sosial untuk membantu merencanakan, mempromosikan dan membuat ketertarikan terhadap sebuah event merupakan sebuah langkah yang tepat. Apalagi, tujuan utamanya untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya orang orang yang tertarik untuk datang atau mengikuti event ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − eleven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.