Sahabat Aksi, untuk menciptakan Event marketing yang sukses itu dibutuhkan persiapan yang matang lho! Nah, persiapan itu dapat dimaksimalkan dengan menggunakan media sosial. Berikut ada beberapa tips yang dapat digunakan agar event berjalan sempurna.

Sebelum event:

Idenya adalah membuat member dan follower mengetahui informasi tentang event kemudian  mencatatnya dalam agenda dan segera mendaftar.

1. Promosikan event lewat Facebook

a. Sahabat Aksi bisa mempromosikannya dengan menulis pada status Facebook pribadi tentang event yang akan berlangsung. Namun ada jalan lain yang lebih efektif! Triknya, buat dahulu account khusus untuk event,  setelah itu baru buat “Facebook Eventnya” dari account tadi. Hal ini penting dilakukan terutama bila event tersebut diadakan secara berkala seperti seminar atau konfrensi. Fungsinya akan menambah jumlah fan base dari waktu ke waktu.

b. Jangan lupa untuk meng-upload foto dan video. Untuk foto haruslah yang eye catching,   friendly dan mengundang rasa penasaran. Untuk video, kita buat video sederhana yang menjelaskan seperti apakah event yang akan diadakan beserta link referensi yang membantu menjelaskan tentang konsep event tersebut.

c. Tulis pesan dan kirimkan melaui e-mail. Dengan ini undangan lebih bersifat personal. Jangan lupa mencantumkan nama event,  waktu dan tanggalnya berikut penawaran yang tidak bisa ditolak.

d. Di Facebook terdapat alat untuk mengundang teman dan relasi. Caranya, Klik di “Invite People to Come”. Maka undangan ini akan masuk ke “Event Request” di setiap member facebook yang kita undang.

e. Sebarkan berita event dengan meng-Klik menu “Share” & “Post To your Profile”. Dengan demikian undangan event akan tetap terus ada di wall untuk dilihat semua orang.

f. Ekperimen dengan iklan di media sosial.

g. Kirimkan reminder saat tanggal event semakin mendekat. Gunakan bahasa yang baik untuk mengingatkan calon peserta agar segera mendaftar karena waktu yang disediakan untuk pendaftaran masih panjang.

2. Promosikan lewat Twitter

a. Twitter tak kalah efektif dari facebook untuk mempromosikan event. Banyak event yang memiliki hashtags sendiri.  Hashtags memudahkan orang dengan minat yang sama untuk berkumpul di satu tempat. Mudah sekali cara membuatnya, mulai menggunakan hashtags untuk semua tweets dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama ketika sedang membicarakan tentang event. Agar setiap orang mau menyebarkan hashtag dan kabar tentang event, kita dapat memberikan hadiah seperti free pass saat event, door price, atau pemberian secara cuma-cuma untuk hastager yang beruntung.

b. Berikan variasi pada tweet event dengan menggunakan redaksi bahasa yang berbeda. Orang akan merasa terganggu bila tweets yang dikirimkan bernada sama itu-itu saja. Variasinya bisa mengumumkan tentang pembicara, sponsor yang telah bergabung, atau sesi tanya jawab yang akan membantu pemebentukan citra event itu sendiri

c. Jangan lupa untuk memaksimalkan fungsi lain dari twitter seperti tweetchat, tweetvite dan tweetMyEvent

3. Promosikan Lewat Blog

Baik melalui blog yang telah ada ataupun membuat blog yang baru. Jangan lupa cantumkan pengumuman tentang event serta undang para pembaca untuk datang dan berkesempatan untuk bekerja sama dengan para sponsor.

 

Selama event berlangsung inilah yang harus Sahabat Aksi lakukan:

1. Live Blogging. Tidak hanya sekedar mencatat tapi segera posting blog itu segera setelah acara selesai.

2. Perbanyaklah foto karena sebuah foto mewakilkan 1000 kata-kata dengan menyewa seorang fotografer profesional untuk meliput keselurahan acara. Foto-foto ini akan berguna untuk mempromosikan event berikutnya.

3. Jangan lupa juga mendokumentasikan event dengan video. Bentuknya bisa berupa interview dengan peserta dan pembicara. Semakin hebat lagi bila Sahabat Aksi mampu melengkapi acara dengan Live streaming event  lewat facebook dan youtube yang menyediakan fasilitas untuk kegiatan ini.

Setelah  Event berlangsung:

1. Upload Foto menggunakan flickr. Pastikan untuk memberikan judul, deskripsi, dan tags yang tepat. Ini akan menjadi sesuatu yang menarik karena audience suka melihat foto mereka dan teman-temannya.

2. Upload video di youtube

3. Bagikan hasil presentasi dalam event dengan menggunakan platform Slideshare, dengan meminta izin kepada pembicara untuk berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>