Sahabat Aksi, media apakah yang paling efektif dan efisien serta sering digunakan untuk berpromosi saat ini? Jika Sahabat Aksi bertanya kepada SDM bagian promosi, jawabannya tentu saja media sosial. Media sosial memiliki berbagai kelebihan dibandingkan media lainnya dalam berpromosi, yaitu :

1. Terjangkau Bagi Semua Kalangan

Apabila Sahabat Aksi menggunakan media tradisional untuk mempromosikan sebuah produk, tentulah akan memakan biaya yang sangat besar. Lain halnya dengan media sosial, yang menawarkan solusi bagi perusahaan kecil maupun besar dari semua produk dan bidang jasa. Solusinya yaitu dalam segi finansial, cost yang dikeluarkan untuk biaya promosi akan lebih kecil karena media sosial dapat menjangkau calon konsumen lebih luas lagi dengan biaya yang lebih murah. Ya! hal ini dikarenakan media sosial menawarkan kemudahan promosi secara gratis. Media sosial juga mampu mengefektifkan penggunaan waktu dan tenaga berikut pengolahan data. Hanya dengan gadget yang sangat sederhana sekalipun kita dapat mengaksesnya misalnya dengan menggunakan, PC, laptop, Tablet, smartphone bahkan handphone.

2. Sebagai Pelengkap Media Lainnya

Walau media tradisional seperti media elektronik  dan media cetak lainnya masih termasuk saluran populer untuk mempromosikan produk baru, media sosial hadir untuk menambah kekuatan yang sudah ada. Bila dilihat hubungannya dengan media lainnya, media sosial secara eksponential akan meningkatkan jumlah impresi di kalangan konsumen dan menyediakan kesempatan untuk berinteraksi dengan para user di media sosial. Sebuah kemampuan yang tidak dimilki oleh media lainnya.

3. Media Kepercayaan

Konsumen lebih percaya terhadap informasi yang datangnya dari teman dan koneksi mereka. Dewasa ini, kampanye promosi modern mencoba untuk menggunakan keterlibatan pengguna alpha (Alpha User) sebagai juru bicara dalam promosi dan periklanan. Idenya adalah bahwa konsumen akan lebih percaya pendapat alpha user ini yaitu teman mereka sendiri atau kontak yang kompeten dalam jaringan sosial. Tujuan utamanya adalah untuk mencapai efek viral marketing dimana pengguna alpha akan menyebarkan pesan dengan cepat. Maka, informasi yang disajikan dalam media sosial sifatnya lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan informasi yang datangnya langsung dari perusahaan itu sendiri.

4. Mempercepat Arus Informasi

Karena sifatnya yang real time maka dalam hitungan jam saja sudah dapat dilihat respon balik dari para user media sosial. Detil informasi yang diterima mampu diserap dengan cepat oleh user dan pada akhirnya user dengan dapat menentukan pilihan apakah akan mengaplikasikan produk tersebut atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *