Sahabat Aksi, apakah kalian pernah bingung jika diminta untuk mempersiapkan konten event marketing? Tulisan berikut akan membahas apa saja yang bisa kita siapkan agar event kita dapat berjalan dengan maksimal. Beberapa yang harus dipersiapkan antara lain:

1. Aktivitas Promosi

Aktivitas disini tidak hanya sekedar berisi tentang update kehadiran peserta, anjuran, atau promosi tentang produk yang ada. Memang, kehadiran adalah tujuan utamanya namun untuk mempromosikan acara yang bernilai tinggi dengan cara-cara yang lebih menarik perhatian publik adalah kuncinya, antara lain:

– Ciptakan Facebook event sebagai bagian aktivitas, pastikan selalu update event tersebut secara berkala.

– Kirimkan Tweets@mentioning pembicara, peserta yang akan hadir sebagai pengisi acara.

– Tulis blog yang berisikan tentang agenda detail event, orang penting yang akan berpartisipasi, dan sekilas tentang aktivitas promo event yang sedang berlangsung.

2. Reminders

Kecanggihan teknologi memudahkan kita untuk berinteraksi dengan orang lain. Namun, rilis seperti e-mail buzz yang panjangnya seperti koran dan promosi di situs yang gencar, perserta terkadang mudah lupa. Oleh karena itu, media sosial berfungsi sebagai pengingat berkala berikut update yang membantu memastikan setiap peserta dapat hadir tepat pada waktunya.

– Tweet tentang event sejam sebelumnya dengan menggunakan event hashtag untuk mudah ditemukan oleh para peserta yang membutuhkan informasi seputar event.

– Post tips-tips yang berguna dalam menghadiri event dalam Blog.

3. Berikan ruang untuk feedback

Para peserta selalu mencari cara untuk berbagi persepsi dan pemikiran yang mereka miliki ini adalah salah satu cara untuk menceritakan pengalaman pribadi mereka. Feedback semacam ini mendorong setiap member yang ada untuk membuat postingan baru tiap harinya. Hal ini akan membantu memberikan dampak yang luar biasa bagi event itu sendiri.

– Buat dan promosikan event hashtag untuk dapat dipergunakan oleh peseerta ketika mereka ingin berbagi.

– Retweets peserta yang  bertanya atau memberikan saran tentang event.

– Minta member untuk berbagi pengalaman melalui polling facebook.

– Buat blog yang menyoroti aktivitas event yang mengundang member untuk berkomentar.

4. Menjawab Pertanyaan

Dengan adanya event pastinya akan banyak pertanyaan yang akan dilayangkan ke media, penggunaan media  sosial memudahkan team untuk menyebarluaskan jawaban secara luas dan menyediakan tempat untuk merespon semua pertanyaan itu dalam waktu secepatnya baik sebelum, ketika event berjalan dan sesudahnya.

– Monitor semua kehadiran di faceboook dan twitter hashtag.

– Tweet jawaban dari pertanyaan yang diposting seseorang selama event berlangsung.

5.  Berbagi konten dari Event

Events memberikan manfaat besar bagi komunitas media sosial untuk meningkatkan brand awareness serta memberikan kesempatan untuk belajar dari sesama untuk sesama. Selain itu, event juga menyediakan kesempatan untuk menghidupkan pemikiran kepemimpinan serta cara berinteraksi dengan anggota komunitas yang tidak dapat hadir di event dengan saling berbagi konten.

– Tunjuk sesorang untuk berkontribusi pada blog event di perusahaan.

– Berbagi foto harian di platform Flickr, Instagram, atau Pinterest.

6. Memberikan keuntungan eksklusif bagi komunitas media sosial

Membuat fans, teman atau follower merasakan bahwa mereka adalah anggota keluarga besar. Bisa dengan jalan memberikan bonus spesial. Contohnya seperti:

– Berikan spesial tips dan penawaran khusus untuk peserta yang berhasil check in di tempat tujuan event.

– Ciptakan Badge (tanda pengenal) unik di Foursquare bagi peserta yang mengikuti beberapa aktivitas di media sosial.

– Bagikan diskon spesial bagi mereka yang mendaftar di Facebook.

7. Kontest

Tiap orang pasti ingin memenangkan sesuatu, baik itu memenangkan tiket untuk even itu sendiri atau diskon spesial harga tiket.  Adakan kontes dalam media sosial adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesadaran event dan menariknya sebuah acara. Dengan cara mengadakan kuis dengan hadiah voucher atau tiket event gratis di Facebook atau Twitter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *