Sosial media tidak hanya terbatas pada marketing dan membangun brand saja. Semakin banyak para pebisnis menggabungkan partisipasi sosial media sebagai bagian dari manajemen strategi mereka. Misalnya : pengembangan produk atau jasa, perekrutan, keterlibatan karyawan dan omset, pengembangan brand, kepuasan pelanggan dan relasi, pengembangan bisis, dan masih banyak lagi. Selain itu, sosial media marketing juga sering digunakan untuk mempromosikan grup dari situs terkait, memungkinkan terciptanya bisnis yang baik untuk hubungan dengan pelanggan.

Sosial media marketing adalah istilah yang menggambarkan aplikasi dari jejaring sosial, komunitas online, blog, wiki atau media online dua arah lainnya yang digunakan untuk pemasaran, penjualan, public relation dan customer service. Dalam dunia yang semakin kompetitif ini banyak perusahaan yang sudah mengadopsi strategi ini.

Jadi, bagaimana menurutmu agar kamu bisa bertahan di pasar yang kompetitif ini dengan menggunakan alat marketing di sosial media? Berikut ini beberapa strategi yang akan membantumu membuat posisi tersendiri diantara target audiens-mu dalam website sosial media :

Singkat dan Sederhana

Pembaca tidak memiliki banyak waktu untuk membaca pesan promosi panjang dan rumit. Jadi, sangat penting bagimu untuk membuat pesat yang sangat jelas dan tajam. Jangan tambahkan kata yang tidak diinginkan dan tidak berhubungan dengan penawaran. Sebuah pesan rumit akan tidak berguna dan sulit mengendap dalam pikiran pelanggan.

Sesuai

Setiap situs jejaring sosial memiliki sifat dan karakteristiknya sendiri. Pendekatan bagi member facebook tentu saja sangat berbeda dari audiens Linkdln. Jadi, pesannya harus dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan tempatnya dan sampai pada target audiens.

Bicara Target

Konten pesan harus memenuhi kebutuhan pelanggan dan tidak harus selalu tentang produk. Gunakan sosial media secara konsisten untuk berhubungan dengan pelanggan potensial. Sangat baik bila kamu tidak terlalu banyak mendahulukan kepentingan pribadi. Konten yang dibuat harus lebih condong pada kepentingan target audiens dan bagaimana produkmu akan berguna bagi mereka.

Pilih Tempat yang Tepat

Banyak website jejaring sosial baru yang bermunculan setiap hari. Namun, ada beberapa website umum dimana pelanggan dan influencer paling aktif menghabiskan waktu online. Lalu, amati dan buat catatan. Technorati, Google Blog Search, Ice Rocket, Bloglines, Twitter Search, AideRSS, HubSpot, dan HubFeed adalah beberapa alat yang dapat kamu pilih untuk memonitor sosial media yang kamu gunakan untuk menempatkan pesanmu.

Pilih Waktu yang Tepat

Ada beberapa alat untuk melacak sosial media seperti Google alerts dan socialmention yang mengizinkanmu melihat kata kunci online. Ini sangat penting untuk mengamati status online-mu dan mention di sosial media. Jadi, kamu bisa melihat dan menanggapi komentar yang diposting tentang perusahaan atau produkmu. Dengan demikian, kamu juga dapat memantau kebutuhan pelanggan dan dapat membantu memenuhi kebutuhan mereka daripada promosi tentang perusahaan atau produkmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.