Bangun Sales Pipeline Melalui Media Sosial
Saat membaca judul diatas, pertanyaan pertama yang ada di benak Sahabat Aksi tentunya apakah Sales Pipeline itu? Nah, Sales pipeline adalah sebuah konsep penjualan yang dianalogikan seperti sebuah pipa (pipeline adalah jaringan pipa). Berbagai nama kontak yang telah ada diproses dengan konsep sales pipeline sehingga apakah calon client ini memenuhi syarat untuk menjadi seorang pelanggan. Di internet banyak sekali perusahaan yang menawarkan software sales pipeline ini, ada yang gratis dan tidak.
Tujuan dari pemanfaatan konsep ini untuk memprediksi jumlah penjualan yang akan terjadi dengan detail ketelitian yang lebih baik. Selain itu, akan memberi keyakinan yang lebih besar bagi tim penjualan dalam mengeksekusi setiap transaksi yang ada serta membantu pekerjaan staff perencana penjualan dalam membuat rencana penjualan ke depan.
Konsep sales pipeline yang dimaksud diatas adalah seperti berikut :
- Kontak awal
- Aplikasi awal sesuai kriteriakah prospek yang ada
- Interview reputasi penjualan calon klien
- Identifikasi kebutuhan calon klien
- Calon pelanggan yang memenuhi syarat
- Kirim Proposal
- Adakan Negosiasi
- Penutupan (Closing Sales)
- Layanan setelah penjualan
Sebuah perusahaan dengan marketingnya bertujuan membangun awareness dan persepsi baik terhadap produk atau jasa di mata konsumen dengan tujuan akh
ir terciptanya aktivitas penjualan. Semakin hari banyak perusahaan yang beralih kepada media sosial yang telah terbukti sebagai sarana untuk meningkatkan jumlah prospek klien.
Individu dan perusahaan yang aktif menjadi user media sosial cenderung mampu menambah banyak daftar nama kontak. Beberapa anonim (user media sosial yang tidak menggunakan nama aslinya ketika online) yang mengunjungi situs web perusahaan, member yang aktif berpartisipasi dalam group Facebook, mereka juga menjawab pertanyaan polling pendapat pada Facebook atau yang meng
ikuti tweets perusahaan merupakan calon potensial daftar nama kontak.
Ketika prospek ini online dan log in ke dalam akun facebook perusahaan, beberapa strategipemasaran telah dipersiapkan untuk menciptakan brand awareness . Ini harus dilakukan dengan keterampilan dan menggunakan pendekatan personal secara langsung dan ramah. Dengan sedikit usaha nama kontak ini akan memberikan alamat twitter dan akun media sosial lainnya. Ini merupakan langkah awal dan juga indikasi keberhasilan strategi sales pipeline. Akun media sosial ini akan membantu memberitahu minat, ketertarikan dan kepentingan user terhadap perusahaan, apa yang mereka inginkan dari berinteraksi dengan perusahaan dan juga sudut pandang user mengenai isu-isu tertentu.
Sahabat Aksi, jangan lupa untuk meninggalkan komentarnya ya agar tulisan ini semakin sempurna.