Sekali kamu berada di twitter dalam beberapa waktu dan menemukan beberapa pengguna twitter, kamu akan langsung memperhatikan bahwa mereka cenderung terbagi menjadi dua grup besar. Grup pertama suka mengatakan pada orang apa yang mereka makan untuk makan malam, apa yang mereka tonton di televisi, dan seterusnya. Sedangkan, grup kedua suka menggunakan situs ini sebagai alat bisnis.

Tak perlu dikatakan lagi, tentu saja kita tertarik pada aktifitas grup yang kedua. Jika kamu menggunakan situs twitter dengan benar, kamu bisa membangun aliran traffic ke website atau blogmu, belum lagi mengembangkan sebuah brand untuk dirimu sendiri dengan baik.

Dan tidak masalah apakah kamu bisnis baru atau sudah berkecimpung beberapa waktu. Keuntungan hebat dari twitter adalah bisa menarik semua macam orang dari seluruh lapisan masyarakat, yang semuanya memiliki alasan dan motivasi berbeda dalam menggunakan situs ini. Kamu secepatnya akan mulai berhubungan dan mem-follow orang yang memiliki ketertarikan subjek yang sama denganmu lalu mereka akan mulai mem-follow kamu juga.

Menggunakan Twitter sebagai Alat Bisnis

Ingat apa yang kita bicarakan di sesi sebelumnya tentang menanyakan beberapa pertanyaan untuk menciptakan beberapa ide bagi blog mu? (baca disini). Ternyata, itu juga bekerja dengan baik untuk bisnis apapun.

Dengan menanyakan pertanyaan di konteks ini kamu bisa mendapatkan lebih banyak ide bagus tentang siapa pelangganmu dan apa saja yang menarik bagi mereka. Contohnya, kamu berpikir untuk menyediakan produk tertentu tapi kamu tidak yakin seberapa baik produk itu akan diterima. Lantas, mengapa kamu tidak memposting update yang menanyakan umpan balik tentang produk itu dan lihat apa yang kamu dapatkan. Kamu juga bisa memposting sebuah teaser (penggoda) dan me-link-nya ke blogmu di mana kamu bisa memberikan beberapa informasi lebih.

Branding Bisnismu di Twitter

Branding bisa menjadi proses halus yang terjadi dari waktu ke waktu. Sebagai pengguna twitter, kamu bisa memastikan dikenal untuk men-tweet subjek spesifik yang berhubungan dengan bisnismu. Dengan cara ini, kamu akan secara otomatis mulai terlibat dengan orang lain di twitter yang memiliki pikiran sama denganmu.

Mari katakan kamu memiliki sebuah website yang menjual aksesoris mobil berkualitas. Jika kamu mulai men-tweet suatu subjek tentang pentingnya mendandani mobilmu, kenapa aksesoris berkualitas tahan lama, kenapa harga murah sebenarnya belum tentu murah sama sekali, dst, kamu akan berangsur-angsur membangun brand-mu sebagai sesuatu yang berkualitas, bagus, dan dapat dipercaya. Kesan itu akan orang lain dapatkan dan mereka akan secara otomatis memiliki imej itu di benak mereka ketika berkunjung ke website-mu untuk melihat-lihat.

Kamu juga bisa branding dirimu sendiri dengan mem-personalisasi halaman profile kamu di twitter. Kamu tidak bisa melakukan itu terlalu mendalam, tapi apa yang bisa kamu lakukan cukup untuk membuatmu tampak mencolok.

Pertama-tama, di sana ada gambar profile. Jika kamu bergabung di twitter dengan tujuan mempromosikan bisnismu secara cepat, gambar terbaik yang dapat digunakan adalah logomu. Logo tersebut harus jelas, kuat, dan aktual karena akan tampak kecil di layar. Sayangnya, foto tidak bekerja begitu baik.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mengganti background. Kamu bisa mengupload gambar background dengan format JPEG, GIF, atau PNG dan gambar tersebut akan muncul di belakang kolom profile dan daftar tweet terakhirmu. Berpikirlah dan buat satu yang bagus! Tukang batu bisa menggunakan foto tembok, penulis bisa menggunakan foto mesin tik, website yang menjual puzzle bisa menggunakan foto acak dari potongan puzzle sebagai background. Jangan sampai lupa bahwa background bisa menjadi brand-mu juga.

Menghasilkan Traffic

Sekarang kita tahu bahwa kita bisa memendekkan URL panjang dengan memasukkan mereka ke tiny URL atau bit.ly sebelum mempostingnya ke twitter. Jadi, sebuah update bisa memasukkan link ke website atau blog. Ada dua aturan dasar untuk diingat ketika  untuk menghasilkan trafic via akun twitter :

1. Taruh alamat website di kolom profile pada situs yang kamu inginkan untuk meyetir traffic ke website. Setiap orang bisa melihat ini kapanpun mereka mengunjungi halaman profile-mu.

2. Konsentrasi pada membangun followers dalam jumlah besar. Semakin banyak orang yang tahu tentangmu, semakin banyak orang yang akan mengklik websitemu.

Sesi berikutnya akan menunjukkan padamu bagaimana menggunakan beberapa perangkat twitter yang tersedia untuk membuat proses menghasilkan traffic lebih mudah.

Hasil terbaik membangun traffic di twitter akan bisa dilihat dalam jangka waktu panjang. Sangat penting untuk mengerti bahwa kamu tidak bisa hanya sign up, mulai men-tweet dan mengaharapkan traffic ke websitemu langsung melonjak tinggi sebagai hasilnya. Pertama-tama, semua itu membutuhkan sedikit pengorbanan darimu.

Tapi pada dasarnya, kamu bisa dengan mudah memposting update setiap hari untuk membiarkan followermu tahu apa ada apa di duniamu. Sebuah tweet yang ditulis dengan baik akan selalu menarik perhatian mereka.

Kita sudah mencakup beberapa teknik menarik followers dalam jumlah besar, tapi jika kamu ingin menjaga mereka agar tetap tertarik ke bisnismu, sangat penting untuk mengingat bahwa yang kamu perlukan adalah menjaga mereka tetap tertarik membaca tweet-mu juga. Banyak orang jatuh ke dalam perangkap dengan berpikir bahwa memposting update setiap hari atau lebih akan cukup untuk menjaga orang tetap memfollow mereka.

Berita terakhir! Ternyata, itu saja tidak cukup untuk menjadi aktif di twitter. Orang tidak ingin memfollow kamu hanya untuk itu. Jika kamu menemukan orang lain di twitter yang tidak memiliki sesuatu yang menarik untuk dikatakan, apakah kamu memutuskan untuk memfollow mereka bagaimanapun juga? Tentu saja tidak.

Hal yang sama berlaku untukmu. Pikirkan tentang apa yang kamu inginkan untuk dicapai di website dan berpegang teguh padanya. Jika kamu ingin menarik macam-macam orang yang bisa menjadi pelanggan baik, kamu butuh memastikan bahwa setiap tweet yang kamu posting menarik bagi mereka dengan beberapa cara. Bahkan, jika mereka tidak selalu mengklik untuk membaca postingan blogmu atau membaca artikel baru di website-mu, efek keseluruhan akan tetap terakumulasi.

Dari waktu ke waktu mereka akan datang karena percaya padamu dan menantikan tweet-mu selanjutnya. Kamu telah menjadi bagian inspirasi mereka. Banyak orang yang tidak memiliki twitter, mereka tidak bisa melihat bagaimana sebuah postingan pendek bisa membuat perbedaan besar bagi siapapun. Tapi kita tahu lebih baik, bukan?

Bangun followers kamu dari waktu ke waktu dan kamu akan menemukan traffic-mu meningkat dari waktu ke waktu juga. Sepanjang kamu berkonsentrasi pada semua tweet-mu agar berkualitas dan berhubungan dengan area bisnismu, maka traffic akan mengurus dirinya sendiri.

Twitter sebagai sebuah Alat Penghubung

Sudah cukup jelas bahwa jika kamu ingin menawarkan konten yang nyata dan berharga ke pambaca dan followers-mu di twitter, kamu tidak seharusnya melink website dan blog mu di setiap update yang kamu tulis. Itu kemungkinan besar akan menggangu followers kamu karena aksi tersebut cenderung terlalu berpromosi dan sangat memaksa.

Tentu saja kamu bisa membiarkan orang tahu kapan kamu memposting entri baru di blog mu, tapi jangan membuat itu sebagai subjek di setiap tweet yang kamu tulis. Kamu harus selalu bertujuan untuk menulis beberapa tweet yang tidak me-link kemanapun. Sebagai gantinya, mereka hanya mengungkapkan beberapa kepingan informasi berguna yang bisa sangat membantu seseorang yang tertarik pada informasi tentang tipe bisnismu.

Ini mungkin terlihat seperti saran gila tapi kamu bisa juga melink ke website yang tidak berhubungan sama sekali denganmu. Mungkin kamu bisa membuatnya menjadi breaking news story yang berhubungan dengan area ketertarikanmu dan layak dibagikan kepada followers-mu. Dalam kasus ini, beritahu mereka tentang itu.

Melink ke situs lain tidak membahayakanmu atau bisnismu. Faktanya, itu bisa memiliki efek kebalikan. Orang akan melihatmu sebagai ahli yang tahu kemana harus pergi untuk mendapatkan informasi terbaik dan membagikannya dengan followers ketika menemukannya. Saat ini, tentu saja aku akan memfollow seseorang seperti itu,  kamu juga kan?

Berpikir tentang situasi keseluruhan, jangan hanya berkonsentrasi pada traffic dan jualan sepanjang waktu. Profile dan reputasi sama pentingnya, sejak kamu akan memperoleh lebih banyak followers ketika mereka membaca tweet yang sudah kamu posting sebelumnya. Followersmu sekarang ini juga akan tetap tertarik dan jadi tidak sabar menunggu tweet mu selanjutnya.

Memainkan Permainan Panjang

Jika kamu menghabiskan waktu lama untuk mencari user lain di twitter, kamu akan menemukan sejumlah besar orang-orang yang bergabung di twitter, memposting satu tweet sekitar delapan atau sembilan bulan lalu dan tidak pernah terlihat lagi semenjak itu. Ini adalah bagian terbanyak dari grup besar orang-orang yang belum mengetahui bagaimana menggunakan twitter untuk keuntungan besar. Tapi tentunya kamu tidak berada dalam grup itu karena kamu sudah datang sejauh ini.

Sekali kamu bergabung, pastikan kamu menyortir profile mu saat itu juga, post tweet pertamamu dan mulai menjelajah untuk menemukan orang yang berpikiran sama. Sekali kamu mulai memfollow beberapa orang dan mendapatkan beberapa followers, kamu mulai memainkan permainan panjang.

Ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan hasil terbaik. Jika kamu sedikit berkorban setiap hari, tidak diragukan lagi kamu akan memiliki ratusan followers dalam hitungan bulan. Jadi, jangan menyerah. Terus menjelajah, belajar, nikmati, dan tinggal tunggu hasilnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.