Sahabat Aksi, seiring meningkatnya penggunaan media sosial oleh konsumen, banyak perusahaan yang belum menyadari pentingnya melayani konsumen menggunakan media sosial. Oleh karena itu, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk dapat menciptakan sentimen positif diantara konsumen, antara lain:

1. Cerdik

Banyak perusahaan menempatkan kebijakan menjawab pertanyaan atau keluhan dengan cepat kepada agen media sosialnya, namun konsumen tidak banyak berharap akan jawaban seperti itu. Yang konsumen inginkan adalah mereka di paparkan tahapan- tahapan yang diperlukan agar perusahaan dapat menjawab dengan tepat, oleh karena itu walau perusahaan tidak menjawab pertanyaannya sekalipun, namun pemberitahuan mengenai tahapan-tahapan itu yang harus lebih dicermati agen media sosialnya.

2. Proaktif

Konsumen akan sangat senang jika perusahan anda sering menyapanya. Perusahaan sebaiknya berpartisipasi untuk  menginformasikan situasi-situasi yang membantu konsumennya seperti berita kecelakaan lalu lintas, kemacetan dan lain-lain. Sehingga terbentuk strategi sosial yang baik.

3. Mendengar

Media sosial menyediakan lautan keluhan dan kritikan konsumen yang sebaiknya harus perusahaan (agen media sosial ) tanggapi, karena konsumen pada dasarnya bertindak berdasarkan produk.  Maka perusahaan yang mendengar  akan mampu meningkatkan kualitas produknya.

4. Ambil tindakan tepat

Seperti pelayanan konsumen biasa, agen yang menjaga pelayanan media sosial perusahaan  seharusnya diberi kuasa lebih untuk mengambil keputusan yang baik untuk konsumen secara langsung.  Sehingga agen media sosial akan lebih nyaman membangun hubungannya dengan konsumen.

5. Selalu bersiap untuk bencana

Bencana atau krisis pasti akan terjadi, ini tergantung kesiapan pelayanan media sosial untuk menghadapinya. Membangun kepercayaan konsumen dengan selalu informasikan hal-hal sebelum krisis menjadi besar, karna jika hubungan terhadap konsumen baik, maka dengan sendirinya konsumen akan membela merek-merek yang mereka percaya dari pencitraan negative.
Sebelum mengklik send sebaiknya anda berfikir hal tersebut akan membunuh diri anda atau tidak. Ini merupakan kesalahan dasar yang masih sering terjadi seperti menjawab dalam keadaan emosional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.