Bagian 1. Apa itu etiket?

“Terkadang, dapat mempublikasikan setiap keinginan yang ada di otak kamu adalah hal terbaik di dunia. Tapi kadang, itu bisa menjadi sebuah masalah. Penyebabnya adalah ini: ketika ada sebuah masalah, kamu menjadi yang terakhir mengetahinya dan kerusakan telah terjadi.”  -Mitch Joel

Kita semua mungkin ingat sebuah tulisan besar berisi daftar etiket yang baik ditempelkan di dinding sekolah.

“Ucapkan tolong dan terima kasih”, “Perlakukan orang lain sama seperti kitan ingin diperlakukan”, “Jangan bicara keras-keras.”

Ini dipasang sebagai pengingat sekaligus petunjuk kapanpun kita keluar dari ‘jalur’. Istilah etiket tidak banyak berubah sepanjang hidup kita. Bersikap sopan dan hormat ke yang lain masih menjadi dasar etiket sosial.

Etiket didefinisikan oleh Merriam Webster sebagai : “Perilaku atau prosedur yang diperlukan dengan

pemuliaan yang baik atau ditentukan oleh otoritas untuk dipatuhi dalam kehidupan sosial dan kehidupan kehidupan resmi.”

Kehidupan sosial dan kehidupan resmi  berlaku tidak hanya untuk interaksi tatap muka saja, tapi juga untuk interaksi online. Di tulisan ini kita akan mempelajari seperti apa etiket sosial dan bagaimana kita melakukannya. Di luar definisi Merriam Webster, bagaimana lagi kita bisa mendefinisikan etiket? Memiliki etiket yang sopan di web sosial berarti mengetahui audiensmu, memahami bagaimana mereka berkomunikasi dan menjadi berharga, menyambut positif kontribur ke komunitas.

Ini adalah tentang bagaimana seharusnya kamu membimbing perilaku dirimu sendiri saat terlibat di web sosial. Ini tentang menggunakan akal sehat dengan baik, menjadi dirimu sendiri dan bertindak seakan-akan kamu berinteraksi tatap muka. Jadi, bagaimana etiket meluas ke dunia online? Bagaimana kita menempatkannya dalam web sosial?

Tulisan ini akan memberikan wawasan mengenai norma perilaku yang diharapkan dalam ruang sosial seperti Facebook, Twiter, Blog, dan Forum. Kita akan berbicara mengenai keuntungan menunjukkan etiket sosial yang baik dan menyentuh beberapa hal yang pasti ingin kamu jauhi.

Pernah bertanya-tanya apakah perbedaan antara etiket personal dan profesional? Kami akan menjawabnya. Cemas memikirkan bagaimana menangani situasi buruk? Situasi itu tidak akan sulit lagi setelah kamu mengimplementasikan beberapa tips etiket dari kami. Serta apakah kamu mengurus Ps dan Qs dengan tiga Rs dan Ds? Kami akan menjelaskan tentang itu dalam bagian yang akan datang dan mengapa sangat penting untuk mengetahuinya.

Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk mendikte cara berperilaku secara online, melainkan dimaksudkan untuk menjadi panduan agar kamu berada di ‘jalur’ kamu yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>