Got ethics ?

Ingatlah 3D

Tidak ada yang ingin mendapatkan telepon dari departemen hukum perusahaan yang memberi tahu bahwa sesuatu yang telah mereka share secara online bermasalah. Apakah kamu menggunakan sosial media untuk tujuan pribadi atau profesional, luangkan waktu untuk membiasakan dirimu dengan 3 D.

Disclosure (Pemberitahuan Rahasia), Defamation (Fitnah), dan Discrimination (Perbedaan).

Disclosure (Pemberitahuan Rahasia) : Jangan mengungkapkan rahasia dagang atau kekayaan intelektual (kamu atau klien-mu). Itu akan menjadi sesuatu yang buruk jika kamu berdiskusi secara online tentang ada apa di balik pintu tertutup perusahaanmu. Itu juga bisa memberikan keuntungan bagi pesaingmu. Ini adalah persaingan secara online dan dan mereka dapat selalu memantaumu.

Jika kamu mengunjungi website dan membicarakan atau mempromosikan brand-mu dan tinggal di U.S, Komisi Perdagangan Federal mewajibkan kamu memberitahukan siapa kamu atau itu bisa dianggap iklan palsu.

Defamation (Fitnah) : Jangan membuat pernyataan tentang sesorang yang salah dan berpotensial menyebabkan konsekuensi ekonomi. Jika kamu lakukan, kamu mungkin menemukan dirimu diadili. Penggemar sosial media tidak dibebaskan dari hukum umum fitnah dan privasi.

Satu contohnya adalah kasus melawan David Milum. Di Mei 2004, David Milum marah karena gaji $3000 nya tidak dikembalikan. Ia mulai memblog tentang mantan pengacara Rafe Banks. Dia bahkan terlalu jauh memasukkan akhir satu postingannya dengan “Rafe, tidakkah kamu berharap mengembalikan gaji $3000 KU?”

Banks menyatakan postingannya salah dan menggugat Milum. Di Januari 2006, Milum menjadi blogger pertama US yang kalah gugatan pencemaran nama baik. Milum diperintahkan untuk membayar Banks $ 50.000

Discrimination (Perbedaan) : Jangan membuat pernyataan kasar tentang apapun yang menyangkut kelas dilindungi (umur, sex, ras, agama, etc) atau membagikan/membuat lelucon tak pantas. Media sosial tidak mengizinkanmu untuk mengetahui secara lengkap identitas audiens-mu dan kamu jangan mau mengatakan apapun untuk menyinggung siapapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>