DONISemua Orang Butuh Website

Jika kamu membaca ini, kamu mungkin sudah tahu bahwa kamu memerlukan sebuah website. Artikel ini akan memberitahumu bagaimana cara memulainya.

Jenis Website Apa yang Kamu Inginkan?

Jalan termudah untuk memulai eksistensi online-mu mungkin dengan membuat akun twitter atau facebook. Jika kamu belum melakukannya, kamu harus memulainya sekarang.

Namun, kamu akan menemukan dengan cepat bahwa jenis design, konten, dan layout di situs tersebut terbatas. Jika kamu ingin mengontrol penuh penampilan dan isi website-mu, maka kamu harus memiliki website milikmu sendiri. Kami akan menunjukkan apa yang harus kamu lakukan dalam beberapa detik.

Memiliki website sendiri juga berarti kamu dapat memiliki nama domain sendiri seperti www.(namakamu).com daripada alamat web yang kurang diinginkan seperti www.facebook.com/blablabla.

Dasar-dasar yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu menjelajah internet dengan menggunakan Internet Explorer, Mozilla Firefox pada PC atau mungkin Safari jika kamu memiliki Mac. Kapan saja kamu pergi ke alamat suatu website, komputer kamu sebenarnya membuat DNS mencari untuk menemukan Internet Address (IP address) website tersebut.

IP address ini adalah alamat di internet dimana web server menunggu untuk memenuhi permintaanmu. Komputermu mengontak web server dan meminta homepage website yang ingin kamu akses. Web server mengirimkan halaman website ke komputermu melalui internet dan web browser-mu yang akan menampilkannya. Ketika kamu mengklik sebuah link, proses yang sama berulang dan kamu akan menerima halaman web baru yang ditampilkan oleh browser-mu.

Apa yang Saya Butuhkan?

Sekarang, jika kamu menginginkan orang mengunjungi website-mu lewat web browser mereka, maka kamu memerlukan langkah-langkah berikut ini :

–          Nama domain terdaftar seperti www.(namakamu).com.

–          Web server untuk melayani permintaan ke www.(namakamu).com.

–          Website yang sesungguhnya, yaitu halaman atau konten web yang dapat mengirim balik ke  browser yang diminta.

Bagaimana Saya Mendapatkan Nama Domain seperti www.(namakamu).com?

Pertama-tama, kamu perlu memastikan nama domain yang kamu inginkan masih tersedia lalu kamu perlu mendaftarkannya. Kamu bisa mendaftarkan nama domain kamu di perusahaan web hosting.

Bagaimana Saya Mendapatkan Web Server?

Sayangnya, kamu tidak bisa menggunakan komputer pribadimu sebagai web server karena komputer milikmu tidak bisa online sepanjang waktu dan jika kamu tidak online, orang tidak akan bisa mengunjungi website-mu.

Bahkan, jika komputermu dapat online sepanjang waktu, ISP (Internet Service Provider) kamu akan menolak untuk digunakan sebagai web server karena kondisi teknis yang berbeda. Jadi, pilihan terbaik adalah menyewa sebuah ruang kecil di web server yang ada di sebuah perusahaan web hosting.

Perusahaan web hosting juga bisa mendaftarkan nama domain untukmu dan mengurus pemetaan IP address di web server mereka. Itu memudahkanmu untuk memulai.

Bagaimana Membangun Website Saya?

Dulu, HTML editor digunakan untuk membangun website. Pilihan software populer lainnya antara lain: Microsoft FrontPage, Macromedia DreamWeaver, Adobe GoLive, dll. Kamu juga menggunakan image editor seperti Adobe Photoshop atau Macromedia Fireworks untuk menyiapkan grafis di website-mu.

Sekarang, web designer profesional masih menggunakan alat-alat tersebut, yang paling populer adalah Photoshop dan dreamWeaver. Jika kamu bukan seorang web designer, kamu tidak perlu khawatir tentang berbagai macam jenis software ini karena kamu memiliki tiga alternatif pilihan yang lebih mudah dan cepat, yaitu :

  1. Sewa Web Designer. Jika kamu membangun sebuah website profesional dan memiliki anggaran belanja, menyewa seorang web designer mungkin menjadi pilihan terbaik selama kamu memilihnya dengan hati-hati.
  2. Gunakan Alat Membangun Website Online Gratis. Hampir semua perusahaan web hosting menyediakan alat online untuk mendesign dan membangun website dengan mudah. Kamu hanya tinggal memilih template, warna, grafis dan memasukkan beberapa teks. Mereka membuat prosesnya sangat mudah dan website pertamamu dapat mulai berjalan hanya dalam hitungan menit. Kamu juga dapat memperbaiki dan menambahkan halaman dari waktu ke waktu secara bertahap.
  3. Gunakan Content Management System (CMS). CMS adalah sebuah sistem yang berjalan pada web server-mu, bukan pada komputermu. Perusahaan web hosting menyediakan instalasi CMS yang mudah, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang itu. Menjalankan CMS hampir sama mudahnya dengan alat membangun website online. CMS juga dapat memberimu statistik kunjungan ke website dan membuat website-mu lebih dari sekedar halaman informasi dengan tambahan fitur interaktif yang terdapat di dalamnya, seperti :
  • Blog dengan kemampuan bagi pengunjung untuk memberikan komentar.
  • Forum dengan kemampuan bagi user untuk mendaftar dan memulai percakapan.
  • Album foto dengan kemampuan bagimu untuk menambahkan foto kapanpun dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *